Rabu, 11 Mei 2011

QASIDAH KAPUAS PUKAU PENONTON


QASIDAH_webKASONGAN – Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XVIII Tingkat Provinsi Kalteng di Kasongan Kabupaten Katingan,  tidak hanya mengelar cabang lomba Musabaqah saja , namun juga di gelar lomba Qasidah Rebana dan Kolaborasi.
Qasidah rebana Kafilah Kabupaten Kapuas  tampil, Senin (9/5) sore , sempat menarik perhatian dan memukau para penonton yang hadir  di Gedung Serba Guna Pemkab Katingan.
Dengan menggunakan baju muslimah yang  indah dan menarik , berwarna merah tua di kombinasi  warna hijau lumut, grup qasidah rebana Kapuas tampil penuh percaya diri,
Warna vokal, artikulasi , pernafasan dan penghayatan yang cukup bagus dari   Siti Khairiah sebagai sulis (penyanyi), serta didukung variasi tabuhan terbang yang harmonis,  membuat penampilan  group qasidah rebana Kapuas diperhitungkan oleh Kabupaten/Kota lainnya.
Mereka melantukan dua buah lagu, satu lagu wajib berjudul khusnul qalby dan lagu pilihan bersujud.
Demikian disampaikan Kasubag Pemberitaan Humas Setda Kapuas Sapto Subagio yang juga Wakil Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi LPTQ,  Selasa (10/5) di Kasongan.
Lebih lanjut dijelaskan Sapto,   cabang lomba Hifzhil (hafalan)  Qur’an 10 juz, kafilah Kapuas Mukhlis  tampil dengan pengusaan hafalan sangat  baik, tajwid (membaca Al; Qur’an baik dan benar) dan fashahah ( kepasihan dalam menyebutkan huruf Al Qur’an).
Begitu juga cabang tilawah remaja putra dan dewasa putra atas nama Abdul Majid dan M Jamani, mereka berdua tampil cukup bagus , mampu  mengusai tajuid , fashahah,  suara dan lagu. Keduanya tampil di Masjid Nurul Iman dan Arena Utama STQ Kasongan, Senin (9/5) sore dan malam,terang Sapto.
Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Kapuas Drs H Nurani Sarji MPd   menjelaskan,  prestasi grup qasidah rebana Kabupaten Kapuas di ajang STQ maupun MTQ Tingkat Prov.Kalteng , cukup baik, diantaranya tahun 1997 juara pertama pada MTQ Prov Kalteng di Kuala Kapuas dan 2010, juara kedua kalaborasi pada MTQ   Prov Kalteng di Buntok (Humas).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda