Jumat, 18 Desember 2009

PENYUSUNAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH KAPUAS DI EKSPOS

Demikian diungkapkan Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bappeda Kapuas Ir Herson B Aden M.Si saat membuka ekspose seminar dalam rangka Bantuan Teknik Penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang Kabupaten Kapuas diAula Bappeda pada hari Kamis (17/12) siang. Sementara itu dari Dinas PU Provinsi Kalteng diwakili Kabid Tata Ruang Dirgahayu MT.

Dijelaskan Bupati, penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kapuas dalam rangka mengakomodasi amanat Undang-undang 27 Tahun 2006, merupakan ; momentum, kesempatan dan sarana yang paling berharga untuk melakukan evaluasi, peninjauan ulang serta koordinasi, agar dicapai sinergitas bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Kapuas.

Pada kesempatan itu Bupati juga mennyampaikan terima kasih dengan adanya bantuan dari Pemerintah Pusat, melalui Dana Dekosentrasi berupa Bantuan Teknis (Bantek) Revisi Tata Ruang Kabupaten Kapuas. ”Dengan adanya bantuan teknis ini kami berharap dapat memberikan gambaran faktual dan rekomendasi ilmiah yang dapat dipertanggung-jawabkan mengenai zonasi ataupun perwilayahan ruang, baik yang diklasifikasikan berdasarkan sistem, fungsi utama kawasan, kegiatan kawasan dan nilai strategsi kawasan,” tuturnya.

Maka dari itu, keterbukaan, kerjasama, koordinasi, transparansi diperlukan dari semua stakeholders terkait  sebagai subyek pembangunan tanpa kecuali termasuk masyarakat  ; untuk koreksi, saran masukan bahkan usulan bagi revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kapuas kali ini, karena Rencana Tata Ruang Wilayah.

Nantinya pedoman ini dipakai untuk Penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah, penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang di wilayah kabupaten, mewujudkan keterpaduan, keterkaitan, dan keseimbangan antar sektor, penetapan lokasi dan fungsi ruang untuk investasi dan penataan ruang strategis kabupaten.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda