Senin, 12 September 2011

MANTIR BERI HADIAH MANDAU PADA BUPATI


mandau_webKUALA KAPUAS -  Sebagai wujud  penghormatan  dan rasa bangga  kepada kepala daerahnya  , Mantir (pemangku adat dayak) Desa Katunjung Kecamatan Mantangai, Nurdin Zaman memberikan hadiah sebuah mandau kepada Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM.
Pemberian mandau tersebut diserahkan usai acara Hasupa Hasundau (pertemuan) di Desa Katunjung, Senin (12/9) sore . Selain mengelar Hasupa Hasundau , Bupati juga meninjau persiapan tempat  yang akan dikunjungi Menteri Kehutanan RI dan Duta Besar Australia di Desa Katunjung, Kamis (15/9).
Setibanya di tempat  hasupa hasundau, HM Mawardi disambut antusias warga masyarakat , dengan pengalungan bunga dan acara adat potong patang.
Pada kesempatan hasupa hasudau tersebut Bupati HM Mawardi menjelaskan bahwa, dari Desa Mantangai Hulu sampai ke Desa Petak Puti adalah daerah program Kalimantan Forest and Climate Partnhersif (KFCP) , yaitu suatu program pelestarian hutan, yang melibatkan masyarakat.
HM Mawardi mengharapkan, ketika  KFCP selesai dengan programnya, kita bisa melanjutkan  melestarikan  hutan, tetapi juga ada nilai ekonominya  ,  yang nanti bisa dirasakan oleh masyarakat.
Kedepan, bagaimana  melestarikan  hutan , kemudian nanti dari hasil penelitian pihak KFCP , areal pelestarian hutan  kita  dijadikan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL)  nanti dicanangkan  menjadi Desa- Desa  konservasi , kemudian mendapat mendapat sertifikasi.
HM Mawardi mengharapkan, kesunguhan masyarakat  melestarikan hutan yang ada didaereh ini diberikan apresiasi dunia. Masyarakat diberikan bantuan atas kegiatan peletarian hutan.
“ Areal pelestarian hutan yang sudah kita kelola ini ,  sebagai suatu  bukti ada kesungguhan dari masyarakat , juga kedepan dijadikan  sebagai obyek wisata,  ” ungkap HM Mawardi.
Bupati HM Mawardi,  juga menyampaikan program pelayanan   gratis yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Kapuas kepada masyarakat , seperti 12 pelayanan kesehatan dasar gratis dan pembuatan  KTP gratis. Kemudian bantuan sebesar Rp.500 ribu , kepada orang yang meninggal dunia dari keluarga yang betul-betul miskin.
Sebelum tiba di Desa Katunjung  , Bupati HM Mawardi  meninjau pembangunan jalan Sei-Kayu – Lamunti – Mantangai. Kemudian di Desa Mantangai Hilir  HM Mawardi menyempatkan diri menghadiri pemakaman W Dugilson , mantan anggota DPRD Kapuas serta meletakan karangan bunga.
Dalam kunjungan kerjanya itu, Bupati HM Mawardi didampingi Sekda Drs H Nurul Edy MSi, para Asisten, dan sejumlah kepala SKPD terkait (Humas).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda