Selasa, 25 Januari 2011

IBU MENGEMBAN TUGAS BERAT DAN MULIA


ibu_webKUALA KAPUAS – Ibu mengemban tugas yang sangat berat dan mulia , untuk itu bukan masanya lagi seorang ibu hanya berkutat paka pekerjaan disektor domestik dan tenggelam dalam rutinitas yang menggerogoti kehidupannya.
Demikian sambutan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM dibacakan Wakil Bupati Suraria Nahan Dipl ATP ST,  pada peringatan Hari Ibu Ke-82, Selasa (25/1) di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapauas.
Peringatan Hari Ibu Ke-82 yang seyogyanya diperingati setiap Tanggal 22 Desember, namun karena adanya sesuatu dan lain hal, sehingga baru hari ini dapat dilaksanakan, katanya
Menurut  Bupati HM Mawardi, ibu berhak untuk merasakan indahnya kehidupan dan nyaman serta berwawasan lebih dalam melaksanakan tugas utamanya. Sehingga apa yang menjadi hak dan kewajibannya dapat diperoleh dan dilaksanakan secara profesional tanpa memberikan ekstra beban psikologis.
Tema peringatan hari Ibu tahun ini adalah “Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki Untuk Membangun Karakter Bangsa Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Sehat dan Bermartabat”.
Tema ini diharapkan HM Mawardi, dapat meningkatkan dan menyegarkan aspirasi masyarakat bahwa keterlibatkan perempuan di bumi nusantara mengiringi kebangkitan nasional pada Tahun 1908.
Keterbatasan Ibu dalam mengakses informasi serta rendahnya tingkat pendidikan ibu sebagai akibat dikesampingkannya hak perempuan dalam mendapatkan pendidikan, juga berpengaruh atas semakin meningkatnya remaja-remaja yang terperangkap dalam pergaulan bebas, narkoba dan sebagainya.
Padahal, jelas HM Mawardi, pembinaan terhadap generasi muda diawali dari rumah, sebagai tempat pertama seorang anak mendapatkan kasih sayang , pendidikan, aturan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
Hari Ibu di Kuala Kapuas , diisi dengan kegiatan ziarah ke taman makam Pahlawan Kencana Kuala Kapuas dan senam bersama organisasi wanita dan masyarakat di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas.
Peringatan Hari Ibu tersebut ,  ditandai dengan mengheningkan cipta dipimpim Wabup Suraria Nahan, pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Dra Hj Wiwid Nurul Edy.
Pemotongan tumpeng oleh Wabup Suraria Nahan , kemudian tumpeng diserahkan kepada Ny Ramelie Suraria Nahan.
Pembagian door prize dan hiburan tarian daerah oleh sanggar tari Tinggang Manteng Pahunjung Tarung.
Dihadiri Unsur Muspida, Sekda Drs H Nurul Edy Msi, Kepala SKPD, Organisasi Wanita
Dan sejumlah undangan lainnya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda