Rabu, 12 Januari 2011

RUAS JALAN LAMUNTI MANTANGAI SUDAH MANTAP


amri_okPALANGKA RAYA – Ruas jalan yang menghubungkan Lamunti ke Mantangai saat ini kondisinya sudah mantap dengan menggunakan konstruksi base B atau agregat B. Bahkan jalan tersebut sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat dengan lancar.
Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kapuas, Ir Amri Baharuddin saat ditemui disela Rapat Evaluasi Program 2010 dan Persiapan Program 2011 di Aula Bappeda Provinsi Kalteng, Rabu (12/1) siang.
Menurutnya memang dulu jalan tersebut sepanjang 12 mengalami kerusakan dari total 24 kilometer. Tapi terhitung 31 Desember 2010 hingga sekarang kondisinya sudah mantap. Perbaikan jalan tersebut menggunakan dana APBN senilai Rp10,24 miliar yang diperoleh dari dana penguatan infrastruktur daerah.
Artinya dana tersebut diperoleh dari transfer pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PU ke daerah tanpa membebani APBD kabupaten. “Sekali lagi saya katakan saat ini kondisi jalan Lamunti ke Mantangai sudah mantap,” terangnya.
Bahkan pada anggaran tahun 2011, pihaknya kembali kembali mendapatkankan dana dari pemerintah pusat untuk melakukan pengaspalan jalan sepanjang 2 kilometer dari Mantangai menuju Lamunti.
Tak hanya itu pihaknya juga akan melakukan penanganan lanjutan untuk perbaikan badan jalan di Kota Mantangai sepanjang 120 meter dengan konstruksi agregat B. Selain itu juga dilakukan pembangunan jembatan sebanyak 3 buah arah Mantangai ke Lamunti.
Disamping itu Amry juga menjelaskan rencana gradiing kiri dan kanan jalan dari Lamunti menuju simpang Penda Ketapi. Kemudian perbaikan ruas-ruas jalan sepanjang 21 kilometer arah Lamunti ke simpang Penda Ketapi.
”Untuk seluruh kegiatan diatas Dinas PU Kapuas kembali mendapatkan kucuran dana APBN dengan total anggaran Rp7,5 miliar Dana ini usaha dari Dinas PU Kapuas ke pusat tanpa membebani APBD kabupaten,” tegasnya.
Dengan adanya perbaikan jalan dari Lamunti ke arah simpang Penda Ketapi diharapkan pada tahun 2011 sudah fungsional artinya tidak ada hambatan karena sudah dapat dilewati kendaraan roda empat, bahkan mobis jenis sedan sekalipun. Rencananya 2012 akan difokuskan ke pengaspalan dengan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran yang tersedia. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda