Rabu, 09 November 2011

KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA PUTING BELIUNG


WEB_BENCANAKUALA KAPUAS – Pemanasan global yang terjadi saat ini telah mengakibatkan perubahan iklim yang berdampak timbulnya bencana diberbagai belahan bumi.
Hal ini disampaikan Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Suraria Nahan, pada Acara Pembukaan Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung, yang dilaksanakan di Aula Hotel Roos, Rabu (9/11) pagi.
Bencana yang sering terjadi tidak dapat diduga kapan datangnya serta sulit untuk diprediksi meskipun berbagai alat teknologi peringatan dini bencana telah dibuat namun masih juga menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kemudian kerugian harta benda serta dampak psikologis.
Oleh sebab itu, diupayakan melalui tindakan tanggap darurat dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan dengan meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan serta pemulihan prasarana dan sarana.
“ Pengurangan resiko bencana hendaknya menjadi komitmen kita bersama dengan masyarakat, bagaimana masyarakat yang berdomisili di wilayah rawan bencana untuk dapat menerima apa yang kita sampaikan tentang penanganan bencana atau mengurangi resiko bencana tersebut,” kata Mawardi.
Lanjutnya lagi, keberhasilan penanggulangan bencana sangat ditentukan oleh kesiapsiagaan para petugas pelaksana di lapangan, peran serta warga masyarakat, peran instansi terkait serta tersedianya sarana pendukung baik berupa pedoman/protap maupun peralatan fisik.
Berbagai bencana yang akhir-akhir ini seperti kebakaran hutan, lahan dan pekarangan, tanah longsong, banjir kesemuanya ada kaitannya dengan kelalaian manusia untuk menjaga dan memelihara lingkungan.
“ Saya mengharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mengikuti seluruh rangkaian acara yang tentunya sangat berguna bagi saudara dan juga kepada masyarakat dalam rangka untuk membantu daerah kita dalam mencegah dan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” ungkap Mawardi.
Diadakannya sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kesiapsiagaan aparatur pemerintah, lembaga usaha serta masyarakat.
Selanjutnya meningkatkan kapasitas para pengambil keputusan dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam penangulangan bencana. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda