Sabtu, 06 Februari 2010

Ny. ALIYAH MAWARDI SERAHKAN APE

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kapuas Ny.Hj. Aliyah Mawardi,  Jum’at (5/2) menyerahkan batuan  Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Pulau Telo Kecamatan Selat.

Dikatakan Ny. Hj Aliyah Mawardi, bantuan APE ini merupakan salah satu dari rencana kerja Pokja II TP PKK Kabupaten Kapuas yang membidangi pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, dimana bantuan tersebut diserahkan pada tiap-tiap Pos PAUD yang ada di Kabupaten Kapuas.

Bantuan tersebut berasal dari TP PKK Prov. Kalteng bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Prov. Kalteng guna mengembangkan bidang pendidikan masyarakat khususnya anak-anak.
Peran bermain dengan APE sangat membantu meningkatkan kematangan sampai tingkat pencapaian perkembangan anak.
Ketika anak bermain berulang-ulang dengan spontanitas, bereksplorasi kemudian dilakukan dengan intervensi tepat yang bermakna, maka anak-anak mulai memahami APE yang dimainkannya.

Selain itu juga terang Ny. Hj Aliyah Mawardi, harus diciptakan suasana bermain yang kondusif. Disinilah peran seorang guru sebagai seorang fasilitator, yang dapat menciptakan suasana bermain yang memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih permainan secara mandiri. Serta memberikan kesempatan untuk bereksplorasi, menyenangkan dan bermakna.

Bermain yang dilakukan secara sukarela membangkitkan kepercayaan diri anak serta membentuk kepribadian , dapat mengambil keputusan , tanggung jawab sertas menghargai sesama.
Kepada para guru didik yang ada di Pos PAUD, Ny. Hj. Aliyah Mawardi mengingatkan pada saat mendidik anak-anak didik yaitu  sebelum menyodorkan satu permainan edukatif pada anak, contohkan dahulu bagaiamana cara memainkannya, karena kita ketahui mainan edukatif berbeda dari mainan pada umumnya yang mudah dipahami anak.
Pada kesempatan itu Ny. Hj. Aliyah Mawardi mengucapkan terima kasih kepada guru-guru dan seluruh pengurus PAUD, yang dengan sukarela membantu untuk mendidik anak-anak dalam masa perkembangannya menuju sebuah pendidikan yang lebih baik.
Kepada Ibu-ibu agar rajin datang ke Posyandu membawa anak Balitanya untuk diperiksa, untuk meminimalisir adanya gizi buruk, harap Ny. Hj. Aliyah Mawardi.

Pada kesempatan itu, Ny. Hj. Aliyah Mawardi berkesempatan melakukan penimbangan anak balita dan penetesan imunisasi serta peninjauan pelayanan Posyandu Bougenvile Desa Pulau Telo.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda