Rabu, 17 November 2010

DIUSIANYA SATU TAHUN , DESA BANGUN HARJO SUDAH MAJU


wayang_webKUALA KAPUAS - Walaupun Desa Bagun Harjo baru berusia satu tahun, namun sudah cukup maju , seperti pada  sektor pengembangan pertanian dan  peternakan.
“ Di Desa ini sudah mengembangkan sentra daging ,  juga telah menggunakan sistem mekanisasi pertanian,  ini tanda-tanda Desa ini sudah maju” , ungkap Bupati Kapuas  HM Mawardi.
HM Mawardi  menyampaikan itu pada acara Bersih Desa dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-1 Desa Bagun Harjo , Sabtu (15/11) malam di halaman  Balai Desa Bagun Harjo Kecamatan Selat.
Makna bersih Desa,terangnya,  bagaimana kita mendekatkan diri kepada sang pencipta,  kalau selalu ingat kepada Tuhan yang maha kuasa , Inya Allah apa yang menjadi cita-cita kita  bisa tercapai.
Pemerintah Kabupaten Kapuas selalu mendorong agar bagaimana bisa panen padi,  yang sekarang  setahun satu kali menjadi dua  kali setahun, bahkan lebih, seperti di pulau Jawa, sehingga produksi padi kita semakin meningkat, ungkap HM Mawardi.
Tahun 2011 Pemerintah akan meluncurkan program permodalan pinjaman tanpa bunga, yang di kelola oleh koperasi, diharapkan  masyarakat dapat  memanfaatkan untuk usaha produktif, juga untuk memerangi pengijon . Selain menyelesaikan  infrastruktur jalan, dari Anjir serapat menuju Palampai.
“ Mudah-mudahan semua proram ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih maju, sehingga menjadi masyarakat yang Amanah (Aman, Maju, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh), harap HM Mawardi.
Ia  mengajak masyarakat untuk lebih mencintai seni budaya daerah, seperti yang dilaksanakan Paguyuban Sasono Karyo Kuala Kapuas, juga  sebagai sarana  mempererat  persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan dan kesatuan daerah ini bisa maju.
Dalam pagelaran wayang , banyak sekali filosofi yang bisa dipetik untuk  menjadi pegangan hidup,seperti  bagaimana kita saling menghormati.
Atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas, HM Mawardi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Bagun Harjo , yang selama ini bersama pemerintah memiliki  tekad untuk membawa kemajuan Kabupaten Kapuas yang kita cintai.
“ Mari bersama-sama kedepan meneruskan cita-cita  untuk terus membangun , sehingga daerah ini betul-betul menjadi daerah yang maju, sebagamana  diharapan kita bersama”, ajaknya.
Pada kesempatan yang sama Ketua Paguyuban Sasono Karyo dr Bowo Budi R menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas yang telah memfasilitasi paguyuban ini.
Ia mengajak kepada warga Desa setempat dan sekitarnya bisa datang ke Kuala Kapuas untuk bersama-sama latihan  paguyuban , seperti gamelan dan campur sari  latihan pada setiap malam minggu.
Acara Bersih Desa dan HUT Desa tersebut  dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, ditandai  dengan penyerahan wayang secara simbolis oleh Bupati HM Mawardi kepada Ki Dalang Hadi Sucipto dari Palangka Raya , mengangkat cerita “Abimanyu Membangun Negara” serta  penampilan campur sari.
HM Mawardi juga  menyerahkan bantuan hewan kurban , dua ekor sapi kepada panitia kurban idul adha Masjid Al Muhajirin Desa Bangun Harjo, di terima ketuanya Kamaruddin,
Pada malam itu , pantia berinisiatif mengedarkan kotak sumbangan untuk membantu korban bencana , hasil dana yang terkumpul sebesar Rp. 1.537.100,-.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda