Sabtu, 19 Februari 2011

PERS DIHARAPKAN DUKUNG KAPUAS SEBAGAI LUMBUNG PADI NASIONAL


hpn_webKUALA KAPUAS - Untuk mewujudkan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi nasional , dukungan pers sangat diharapkan termasuk perguruan tinggi/lembaga penelitian khususnya fakultas pertanian , dunia swasta,  dan dukungan pemangku kepentingan lainnya
Pers diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap pemberitaan disektor pertanian baik melalui media cetak maupun elektronik.
Harapan itu disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM dalam paparannya sebagai  nara sumber pada Seminar Sehari   Hari Pers Nasional (HPN) 2011 dan HUT Ke-65 PWI Tingkat Propinsi Kalteng, di Aula Bappeda Kuala Kapuas, Jum’at (18/2) sore.
Pada seminar  tersebut  HM Mawardi menyampaikan paparan   tentang “ Kabupaten Kapuas Menuju Lumbung Padi Nasional “.
Diutarakan HM Mawardi, Potensi lahan yang tersedia untuk pengembangan pertanian tersebar luas di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas.
Selanjutnya dikatakan HM Mawardi, sejak lama Kabupaten Kapauas di kenal sebagai penghasil padi, karena di Kabupaten inilah persawahan pasang surut yang terluas di Proovinsi.
Kabupaten Kapuas dalam pelaksanaan pembangunan pertanian tanaman pangan memberikan kontribusi sebesar 52 persen terhadap produksi padi di Kalimantan Tengah, sehingga memiliki peran sebagai lumbung pangan Kalimantan Tengah.
Keberhasilan dalam sektor tanaman pangan khususnya padi terlihat dari pencapaian produksi setiap tahun yang terus mengalami peningkatan.
Pada tahun 2009, terang  HM Mawardi,  realisasi sasaran mencapai 106 persen, yaitu dari sasaran produksi 300 ribu ton Gabah Kering Giling (GKG) dapat terealisasi 318 ribu ton lebih GKG atau setara dengan 200.455 ton beras.
Peningkatan Produksi berhasil dan mengalami surplus , karena mampu memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Kapuas.
Peluang kedepan, masih tersedianya potensi untuk pengembangan, Masih belum termanfatkannya lahan secara optimal . Produkstivitas  lahan masih memungkinkan untuk ditingkatkan.
Upaya-upaya yang telah dan sedang  dilakukan Pemerintah Kabupaten Kapuas , tambah HM Mawardi, antara lain, penataan infrastruktur lahan dan air secara bertahap. Kerjasama dengan perguruan tinggi . Bantuan sarana produksi, alat mesin pertanian dan bantuan peningkatan modal.
Seminar diikuti Pengurus PWI Pusat, Cabang dan perwakilan se kalimantan Tengah , Kepala SKPD , pemuda dan tokoh masyarakat.
Seminar mengangkat tema “ Peran Pers Dalam Mensinergikan Pembangunan Daerah “
Sementara itu pada acara welcome party di Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Jum’at (18/2) malam,  HM Mawardi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PWI Kalteng untuk mengelar peringatan  HPN dan HUT PWI Tingkat Prov.Kalteng di Kabupaten Kapuas.
“ Terima kasih kepada insan pers atas segala dukungan , kritik dan saran yang konstruktif ,yang telah diberikan untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kapuas“ , ungkap HM Mawardi.
“ Biasanya wartawan lebih dulu mengetahui  informasi , seperti saat  robohnya salah satu bangunan Sekolah Dasar di Kelurahan Pulau Kupang beberapa waktu yang lalu , saya baru mengetahuinya  setelah membaca  koran ,inilah salah satu contoh  yang membantu saya “ ,  kata HM Mawardi.
Ditambahkannya,peran Pers sungguh sangat membantu  dalam memajukan pembangunan dan mencerdaskan masyarakat .
Malam wecome party berlangsung penuh keakaraban dan kekeluargaan.  Dihadiri Unsur Muspida, kepala SKPD dan sejumlah insan pers dari pusat, cabang dan perwakilan se Kalteng.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda