Kamis, 13 Oktober 2011

PROGAM KELUARGA HARAPAN TANGGULANGI KEMISKINAN


web_PKHKUALA KAPUAS – Komitmen untuk mengentaskan kemiskinan bukan hanya merupakan prioritas pembangunan secara nasional yang dituangkan dalam rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek akan tetapi merupakan komitmen internasional dalam tujuan pembangunan millenium (MDG’S).
Hal ini disampaikan Bupati Kapuas HM Mawardi yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Drs Raden Ledi, pada acara Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH), yang dilaksanakan di Aula Bappeda, Kamis (13/10) pagi.
Secara nasional strategis pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, pemerintah terus berupaya menurunkan angka kemiskinan melalui perbaikan kondisi sosial, ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.
Untuk mencapai kondisi tersebut, pemerintah menetapkan tiga jalur strategi pembangunan yaitu : pro pertumbuhan, pro lapangan kerja serta pro masyarakatan miskin.
“Kebijakan penanggulangan kemiskinan menitikberatkan pada upaya-upaya optimalisasi dan harmonisasi program penanggulangan kemiskinan,” kata Mawardi.
Harmonisasi program penanggulangan kemiskinan yaitu kelompok pertama program bantuan sosial berbasis keluarga, kedua kelompok program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, kemudian ketiga kelompok program pemberdayaan usaha mikro dan kecil dan keempat kelompok program lainnya.
Ketua Panitia Apolonia menjelaskan berdasarkan pengelompokan program tersebut, maka PKH masuk pada kelompok program bantuan sosial berbasis keluarga yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dengan karakteristik.
Secara umum tujuan kegiatan ini menjadi sangat strategis untuk menyatukan gerak langkah, menyamakan persepsi serta memperkuat sinergi antara pemangku kepentingan (stakeholders) dan memantapkan koordinasi dan komitmen lintas sektor/instansi terkait serta mensinergikan kebijakan-kebijakan yang akan diselaraskan dalam perkembangan pelaksanakan uji coba PKH di Kabupaten/Kota. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda