Kamis, 06 Mei 2010

SISTEM PENGENDALIAN DAN PELAPORAN HAL PENTING DALAM PEMBANGUNAN


pelaporan_webKUALA KAPUAS – Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan workshop Sistem Informasi Pengendalian dan Pelaporan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kapuas Tahun 2010 merupakan  kegiatan  sangat  penting dan strategis dalam menunjang tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kapuas.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Ir Herson B Aden, M.Si saat membuka Sosialisasi Dan Workshop Sistem Informasi Pengendalian dan Pelaporan Skpd Kabupaten Kapuas Tahun 2010 di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Rabu (5/5) pagi.

Menurut Bupati pemanfaatan teknologi informasi merupakan kebutuhan mutlak dalam  upaya bersama  untuk menciptakan tata pemerintahan yang  baik dan bersih (good governance and clean goverment)  di Kabupaten Kapuas  dan hal ini terkait juga  dengan misi kelima rencana  pembangunan  jangka  menengah daerah  Kabupaten  Kapuas  tahun  2008 – 2013.

“Bupati memiliki peranan penting dalam meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan dan pelayanan terhadap kepentingan umum, memelihara komunikasi sosial masyarakat dan sosial budaya dalam sistem administrasi negara dan memelihara keserasian pelaksanaan pembangunan di daerah,” ungkapnya.
Diharapkan dengan evaluasi yang kita lakukan, kita dapat memantau dan mengendalikan jalannya proses pembangunan di daerah, baik kegiatan-kegiatan yang dananya bersumber dari APBD kabupaten maupun APBN, yang semuanya telah tertuang dalam dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah (DPA-SKPD) dan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) untuk dana-dana yang bersumber dari APBN.

Dengan demikian akan diketahui masalah dan hambatan atas kegiatan yang dilaksanakan untuk dibahas bersama-sama, dikaji dan dicari alternatif-alternatif solusi pemecahannya sehingga pelaksanaan kegiatan yang akan datang dapat berjalan lancar, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Ir Herson B Aden M.Si dalam laporan yang dibacakan oleh Kabid Penanaman Modal, Ir Akhmad Sudarma, MT mengatakan maksud kegiatan ini menyamakan persepsi, memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam menyusun laporan kegiatan/program pembangunan yang dilaksanakan oleh SKPD Kabupaten Kapuas, baik yang bersumber dana dari APBD kabupaten, APBD provinsi maupun APBN.

Adapun hasil yang ingin dicapai yakni terciptanya pemahaman yang sama akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan khususnya penyusunan laporan pelaksanaan pembangunan.

Kemudian terciptanya aparat pemerintah yang memiliki komitmen, kompeten dan integritas tinggi, serta memiliki wawasan, pengetahuan dan ketrampilan dalam melaksanakan pelaporan yang akurat, tertib dan tepat waktu.

”Peserta diikuti oleh  150 orang yang terdiri dari peserta sosialisasi adalah para pejabat eselon II (kepala SKPD, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Kapuas, Camat dan petugas dari SKPD dan kecamatan selama 6 hari (5-11 Mei 2010),” tukasnya. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda