Kamis, 12 April 2012

BUPATI SAMPAIKAN PAPARAN SAAT RAKORDAL PROVINSI KALTENG


web.rakordal_provPALANGKA RAYA – Bupati Kapuas HM Mawardi menyampaikan paparan saat Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal)  Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan I Provinsi Kalteng di Aula Bappeda Provinsi Kalteng, Kamis, (12/4) siang.
Paparan ini disampaikan dihadapan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang serta para bupati/walikota se Kalteng yang hadir saat itu. Kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembangunan berupa realisasi keuangan fisik serta kendala yang dihadapi dan upaya pemecahannya.
Pada kesempatan itu Bupati melaporkan pelaksanaan kegiatan inovasi Kabupaten Kapuas yang merupakan dukungan program percepatan pembangunan desa. Program ini sejalan dengan program Pemrov Kalteng yakni PM2L.
Menurutnya saat ini telah dianggarkan alokasi dana desa (ADD) reguler sebesar Rp12 miliar untuk 153 desa. Kemudian ADD Amanah dialokasikan Rp15 miliar lebih untuk pembangunan infrastruktur desa yang masing-masing desa akan mendapatkan Rp100 juta.
“Kami juga menyiapkan dana untuk desa trans/persiapan dialokasikan anggaran Rp100 juta untuk pembangunan infrastruktur ditambah Rp10 juta untuk 37 desa. Total dana yang disiapkan untuk program ini senilai Rp4 miliar lebih,” kata Mawardi.
Selain itu Bupati juga menyampaikan perkembangan pembangunan investasi di pelabuhan Batanjung. Saat ini kata, Mawardi pembangunan dilokasi tersebut telah dilakukan dengan telah melakukan pencanangan pembangunan pelabuhan laut batubara, PLTU dan pabrik semen.
Investor pembangunan berasal dari China yakni PT Sinar Senusa Kalimantan. Lokasi pembebasan lahan yang telah dilakukan seluar 154 hektare dengan total kebutuhan 800 hektare.
“Khusus untuk lanjutan pembangunan laut Batanjung telah pula dilakukan pembangunan lanjutan pemancangan tiang trestle dan dermaga yang bersumber dari dana APBN,” ungkapnya.
Disamping itu Bupati juga secara resmi melaporkan persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MT) ke 26 Tingkat Provinsi Kalteng yang diakan dilaksanakan di Kuala Kapuas pada tanggal 28 April hingga 5 Mei mendatang.
Untuk penyelesaian stadion saat ini telah rampung 100 persen, sedangkan untuk mimbar tilawah 80 persen. Kemudian untuk pemondokan jamaah telah pula disiapkan.
Terakhir Bupati juga melaporkan musibah kebakaran yang terjadi di pasar Sari Mulya serta kebakaran di Pasar Sahawung. “Untuk pedagang di Sari Mulya telah dibuatkan blok pasar sementara, sedangkan untuk di Pasar Sahawung sedangkan dilakukan tahap negosiasi dengan pedagang untuk penempatan sementara.
Tampak hadir mendampingi Bupati yakni Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Ir. Herson B Aden, M.Si dan Kepala BPMDes Drs Ferly Sangen M.Si. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda