Minggu, 07 Februari 2010

LOKASI BETANG SEI PASAH BAKAL DIBUAT OBJEK WISATA

KUALA KAPUAS - Pemkab Kapuas berencana membuat kawasan Betang Sei Pasah yang terletak di Kecamatan Kapuas Hilir menjadi objek wisata. Sebab, saat itu lokasi yang terletak di tepi ruas jalan Trans Kalimantan terkesan belum dimanfaatkan secara maksimal.
Bupati Kapuas HM Mawardi saat meninjau lokasi dimaksud belum lama ini mengatakan akan meminta Dinas PU Kabupaten Kapuas membuat desain kawasan tersebut. Apalagi saat ini pondasi bangunan Rumah Betang telah ada. Ditambah jalan pendukung telah dibuat dari paving.

“Saya lihat kawasan ini sangat potensial untuk dikembangkan. Apalagi luasan tanah cukup mendukung ditambah fasilitas lainnya yang telah dibangun. Makanya saya minta Dinas PU untuk segera membuat desain kawasan ini,” kata Bupati yang kala itu didampingi Asisten III Djohansyah serta Kabag Humas dan Protokol M Hafizi.

Terkait dengan pembangunan Rumah Betang, Bupati akan meminta Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk pengadaan kayu ulin yang nantinya bekerjasama dengan Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Tak hanya betang yang dibangun tetapi bangunan pendukung sarana dan prasana untuk rekreasi. Seperti taman wisata water boom, bahkan jika tanahnya memungkinkan akan dibuat wisata air. “Jadi selain melestarikan situs Rumah Bateng, kita juga akan membuat sesuatu hal yang menarik agar dikunjungi warga,” ucapnya mantap.

Lebih jauh dijelaskan, lokasi tersebut masih asri, sebab banyak pohon-pohon produkti. Misalnya pohon manggis, durian, papaken, ketapi dan ramania. Pepohonan ini merupakan plasma ulpah yang perlu dilestarikan.

Bupati berharap jika kawasan ini sudah selesai dibangun mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Kuala Kapuas. Apalagi letaknya berada di tepi sungai Kapuas yang berdekatan dengan Jembatan Pulau Petak.

Sementara itu menjelang peringatan HUT Kota Kuala Kapuas dan Pemkab Kapuas Tahun 2010, Bupati juga meminta kepada Dinas PU untuk membersihkan kawasan tersebut. Sebab kawasan ini akan menjadi acara laluhan yang sudah menjadi agenda tahunan Pemkab Kapuas. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda