Senin, 12 April 2010

DIKLAT BAGI PERANGKAT DESA SANGAT PENTING


diklat_wb_okKUALA KAPUAS – Program pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Kapuas , khususnya bagi perangkat Desa. Maka Bupati Kapuas Ir. HM. Mawardi, MM mengingatkan kepada peserta untuk mengikuti dengan tekun dan sungguh-sungguh agar pengetahuan yang diperoleh melalui Diklat ini nantinya dapat diterapkan dengan baik dalam pelaksanaan tugas.
Demikian sambutan tertulis Bupati Kapuas HM. Mawardi dibacakan Sekda Drs. H. Nurul Edy, M.Si pada pembukaan Diklat Perencanaan, Penganggaran, Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan Desa Bagi Perangkat Desa Pemerintah Kabupaten Kapuas Angkatan I, Senin (12/4/2010) di Aula Hotel Roos Kuala Kapuas. Program pelaksanaan Diklat sangat penting dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khususnya perangkat desa karena dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa dalam Pasal 20 menyebutkan Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD), dikelola berdasarkan azas-azas transparan, akuntabel yang harus dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.
Penggelolaan keuangan desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan Desa. Untuk mengimplementasikan peraturan perundangan tersebut salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan Diklat ini, terang Bupati HM. Mawardi.
Pemkab Kapuas mensyukuri atas terselenggaranya Diklat ini, yang merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemkab Kapuas dengan pihak Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Bupati HM. Mawardi menyampaikan terima kasih atas dilaksanakannya program ini, dengan harapan kiranya kerjasama ini memberikan manfaat serta dorongan yang kuat untuk lebih maju sehingga kerjasama dalam program-program yang lain dapat pula terselenggara dimasa-masa yang akan datang.
Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kapuas Suhardjo, SH selaku Ketua Panitia menerangkan, Diklat tersebut berlangsung selama 6 hari dari tanggal 12 s/d 17 April 2010. Dengan tenaga Diklat dari tenaga ahli Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (PPE FE-UGM) yang memiliki kualifikasi dan keahlian yang luas dalam penyelenggaraan kegiatan pengelolaan keuangan daerah di berbagai daerah Indonesia dan tenaga dari Pejabat Struktural dilingkungan Pemkab Kapuas.
Peserta yang telah menyelesaikan keseluruhan program degan baik, diberikan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), ujar Suhardjo. Pembukaan Diklat ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Sekda Kapuas Drs . H. Nurul Edy, M.Si.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda