Jumat, 17 September 2010

KAPUAS IKUTI GELAR TTG NASIONAL DI YOGYAKARTA .


Lambang_DaerahKUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten  Kapuas melalaui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD)  akan mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XII Tanggal 22 – 26 September 2010 di Prov DI Yogyakarta. Persiapan untuk mengikuti even tersebut sudah berjalan cukup baik , dengan melakukan konsultasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Sesuai jadwal , Tim TTG Kabupaten Kapuas akan  berangkat ke Yogyakarta pada Tanggal 20 September 2010, terang Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Humas dan Protokol Setda Kapuas Sapto Subagio yang juga anggota tim TTG , Jum’at (17/9). Direncanakan Gelar TTG itu akan dibuka dengan resmi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (22/9)

pagi  di Jogja Expo Center (JEC),  Kota Yogyakarta. Pada even nasional yang diikuti peserta dari seluruh Pronvinsi di Indonesia tersebut, Pemkab Kapuas menampilkan pameran,  Alat Tangkap Kepiting dari Kecamatan Kapuas Kuala, Alat Pengendali Hama Tikus Sawah dari Pulau Petak dan Kerajinan Getah Nyatu dari Kelurahan Dahirang Kecamatan Kapuas Hilir.

Untuk kerajinan getah nyatu, pengrajin  akan mendemokan  langsung cara/proses pembuatan,  dari bahan baku hingga menjadi barang souvenir yang menarik,  khas Kapuas ,Kalteng .

Gelar TTG, jelas Sapto, bertujuan  memperkenalkan berbagai jenis TTG dan produksinya secara visual kepada masyarakat , sehingga masyarakat memperoleh informasi yang cukup untuk menetapkan pilihan.

Menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pengembagan dan kemajuan teknologi serta manfaatnya dalam rangka meningkatkan mutu dan kuantitas produksi di berbagai sektor usaha.

Meningkatkan jangkauan pemasaran produk unggulan masyarakat dari lingkup lokal menuju regional bahkan internasional.

Meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar instansi pemerintah, pemerintah daerah, duni usaha, perguruan tinggi dan lain sebagainya dalam pengembangan dan penerapan TTG. Dan terbentuknya persamaan persepsi dan komitmen antara semua unit terkait dalam mendukung upaya –upaya pemberdaayaan masyarakat.

Selain pameran/gelar TTG , kegiatan lainnya adalah Lokakarya  Tepat Guna Nasional XII, Rapat Koordinasi dan Konsultasi Tehnis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Widyawisata Teknologi. Sedangkan kegiatan pendukung, meliputi pameran dagang/promosi, kesenian/hiburan rakyar dan temu bisnis, ujar Sapto.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda