Jumat, 29 Oktober 2010

KETUA PN JADI IRUP HARI SUMPAH PEMUDA


sumpah_webKUALA KAPUAS – Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang tepat jatuh pada tanggal 28 Oktober 2010 berlangsung hikmad, Kamis (28/10) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) yakni Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kapuas Agustinus Wahyu Setya.
Ratusan peserta upacara tampak memadati Lapangan Panunjung Tarung. Tampak perwakilan TNI/Polri, PNS, para pelajar, tokoh masyarakat serta sejumlah Kepala SKPD. Selain itu tampak juga sejumlah unsur muspida seperti Ketua DPRD, Kapolres serta Sekda Kapuas.
Pada kesempatan itu juga dibacakan teks Pancasila oleh irup yang diikuti oleh peserta upacara. Kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan UUD 1945. Lalu teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang diikuti oleh para pemuda dan pemudi yang mengenakan pakaian daerah dari sejumlah daerah di Indonesia.
Dalam sambutan tertulis Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang dibacakan oleh Wahyu Setya mengatakan peringatan Sumpah Pemuda ini memberikan kesempatan kepada kita semua untuk mengisi energi dan ide perjuangan dalam memajukan bangsa dan negara.
“Kita selalu ingat, 82 tahun silam saat Kongres Pemuda Indonesia kedua berlangsung dengan diikuti berbagai perkumpulan pemuda yang bersifat kedaerahan, kesukuan, kepanduan maupun keagamaan,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakan hasil-hasil kritik dan kreasi anak muda generasi demokrasi jelas telah dirasakan. Misalnya untuk bantuan hukum, layanan medis, pengajaran, penegakan HAM, pemberantasan korupsi, laporan jurnalistik dan masih banyak lagi tindakan pengabdian yang dilakukan oleh kaum muda.
Disamping itu Kementerian Pemuda dan Olahraga mengajak semua pihak, pemerintah daerah, DPR masyarakat luas serta keluarga untuk menggunakan pendekatan arus utama kepemudaan dalam upaya pembangunan.
“Kita berharap cara ini dapat membuka dan mengarahkan sumber-sumber daya kita pada pembangunan serta pemberdayaan pemuda. Target kita sebanyak mungkin pemuda mampu memiliki produktifitas tinggi dan kompetitif,” ungkapnya. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda