Jumat, 29 Oktober 2010

KOMSI IV DPR RI DUKUNG PENGEMBANGAN 500 RIBU HEKTAR LAHAN PERTANIAN


komisi_webKUALA KAPUAS – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sangat mendukung bila Kabupaten Kapuas bisa mengembangkan 500.000 hektar untuk lahan pertanian ,  “ ini yang diinginkan menjadi terobosan “ , ungkap Herman Khoeron, Wakil ketua Komisi IV DPR RI , selaku Ketua Tim .
Dukungan  itu ia sampaikan pada saat Kunjungan Kerja (Kunker) 11 anggota Komisi IV DPR RI di Kabupaten Kapuas, Kamis (28/10), didampingi mitra kerja nya , pejabat dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pertanian dan Bulog.
Komisi IV sangat mendukung program terobosan perluasan lahan pertanian , untuk kontribusi terhadap swasebada pangan (beras) nasional.
“ Pemerintah Kabupaten Kapuas harus membuat suatu  terobosan-terobosan, sehingga tidak terjebak pada kegiatan pembangunan yang sangat rutin, pada  satu sisi kita memang di gilas oleh nilai kebutuhan yang begitu besar”, ungkap Herman.
Pertumbuhan penduduk hasil sensus penduduk 2010 mencapai 237 juta jiwa , menjadi kewaspadaan kita untuk mempersiapkan ketahanan  pangan, sebagai kedaulatan dan martabat bangsa.
Dengan  Kunker ini, katanya  ,  untuk mengetahui lebih jauh tentang hasil pembangunan  dan untuk melihat potensi yang bisa di kembangkan di Kabupaten Kapuas  kedepan ,   “Komsis IV siap membantu” ungkap  Herman Khoeron.
Dibidang pertanian , Komisi IV ingin tetap menjaga swasebada pangan, terutama beras, gula , kedelai dan jagung.
Harapan besar untuk mewujudkan itu,  tertumpu kepada daerah-daerah yang memili lahan luas, seperti Kalimantan, banyak potensi , namun perlu digali semaksimal mungkin.
“ Ketersediaan lahan  tetap di pertahankan , untuk menjaga   swasembada pangan” , ini sangat penting tegas Herman.
Kalimantan, termasuk di dalamnya Kabupaten Kapuas ,  proyeksinya jelas  bahwa peruntukan lainnya untuk lahan hutan itu dialokasikan untuk perluasan lahan tanaman pertanian.
“ Ini suatu kewajaran untuk disepakati,  kalau Kalimantan adalah bagian dari perluasan  dari lahan pertanian” , ujarnya.
Sebelumnya Sekda Kapuas Drs H Nurul Edy,Msi menyampaikan sekilas tentang profil dan potensi Kabupaten Kapuas.
dijelaskannya bahwa , Kabupaten Kapuas merupakan lumbung padi bagi Provinsi Kalimantan Tengah dan selama 2 tahun berturut-turut, 2008 dan 2009 menerima penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional dan Ketahanan Pangan dari Presiden RI , dan pada awal  Nopember 2010 nanti , kembali menerima penghaargaan yang sama dari Presiden RI.
Dalam Kunker itu, anggota Komisi IV DPR RI meninjau kawasan pengembangan tata air mikro di Desa Sei.Kayu Kecamatan Kapuas Barat.
Peninjaun didampingi  , Sekda Drs H Nurul Edy Msi, Wakil Ketua DPRD Kapuas Mahmud Iip Syafrudin,S.IP, Unsur Muspida, Kadis Pertanian TPH Ir Afiadin Husni, Kepala Bappeda Ir Herson B Aden Msi dan sejumlah pejabat tehnis terkait lainnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda