Rabu, 02 Maret 2011

DARI KUNJUNGAN BELAJAR TP PKK DI SURABAYA : BAWA OLEH-OLEH 25 BUAH BUKU PAUD


E-mail Cetak PDF
paud_3_webSURABAYA -  Semangat dan keinginan yang tinggi  untuk menimba ilmu pengetahuan  dan keterampilan    pengelolaan  Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tampak  terlihat dari Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Kapuas yang mengikuti kunjungan belajar di Surabaya.
Buku-buku paket Pos PAUD sebanyak 25  buah  menjadi oleh-oleh utama yang   berharga untuk dipelajari  ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan di Kabupaten Kapuas.
Buku paket tersebut diantaranya,  pedoman tehnis penyelenggaraan Pos PAUD, program pembelajaran usia 2-3 tahun , program pembelajaran usia 3-4 tahun.
Buku panduan kader Pos PAUD . Buku data pengelolaan dan kader serta buku catatan perkembangan anak.
Buku paket yang di jual Tim Penggerak PKK Kota Surabaya habis di beli , itupun ada beberapa Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang tidak sempat membeli , karena sudah kehabisan.
Demikian disampaikan Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Humas Setda Kabupaten Kapuas, Sapto Subagio di Surabaya, Rabu (2/3).
Setelah mengunjungi  dan  melihat langsung di  tiga tempat  pelayanan Pos PAUD  serta mendengar cerita pengalaman penggelola Pos PAUD di Kota Surabaya , menambah  motivasi  ibu-ibu PKK Kabupaten Kapuas untuk belajar.
Apa yang belum ada,  dan belum berkembang  dalam menggelola  Pos PAUD di Kabupaten Kapuas merupakan  tantangan bagi ibu-ibu PKK , sedangkan  kesempatan menimba ilmu merupakan peluang   berharga untuk  maju, seperti halnya pengelolaan Pos PAUD di Kota Surabaya.
Keberhasilan dan kemajuan  pengelolaan  Pos PAUD di Kota Surabaya menjadi motivasi dan bahan pelajaran yang  berharga , sehingga  dapat di jadikan contoh untuk diterapkan  oleh Tim Penggerak  PKK di Kabupaten Kapuas.
Di Kota Surabaya, tingkat partisipasi masyarakat dan kader PKK terhadap penyelenggaraan Pos PAUD cukup tinggi.
Mendapat support batuan dana dekon dari Pemerintah Pusat dan dana dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Melakukan kerjasama dengan BUMN/BUMD dan swasta , berupa bantuan dana dan peralatan . Adanya forum PAUD Kota Surabaya yang berdiri Tanggal 28 Februari 2009. Mempunyai relawan bunda/guru  PAUD yang cukup banyak.
Mengadakan berbagai kegiatan , diantaranya, panggung hiburan anak-anak, senam , dan belajar komputer untuk anak.
Pos PAUD tidak harus di gedung tersendiri.  Tidak ada ruangan , di gang kampung pun jadi dengan menggunakan tenda. Keterbatasan sarana bukan menjadi halangan untuk penyelenggaraan Pos PAUD.
Prinsip dasar Pos PAUD , berbasis masyarakat, kesederhanaan, mudah, murah dan bermutu .
Pos PAUD dikelola dengan prinsip “ dari, oleh, dan untuk masyarakat. Pos PAUD dibentuk atas kesepakatan masyarakat dan dikelola berdasarkan azas gotong royong, kerelaan, dan kebersamaan.

1 Komentar:

Pada 7 Juni 2015 pukul 12.16 , Blogger Walidin mengatakan...

Mudah mudahan dengan adanya ibu ibu penggerak PKK untuk paud jadi semakin terdidik daerahnya masing masing. Orang seperti itu memang sangat dibutuhkan masyarakat. Patut menjadi contoh bagi daerah lainnya.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda