Selasa, 22 Februari 2011

MUSRENBANG MENGHASILKAN KEGIATAN PRIORITAS


mantangai_webKUALA KAPUAS – Hasil kesepakatan yang sudah dibahas secara intensif antara jajaran SKPD terkait dengan unsur Kecamatan, Desa/Kelurahan pada kegiatan Pra Musrenbang Kecamatan dan dilanjutkan  pada Musrenbang  benar-benar dapat menghasilkan usulan kegiatan prioritas masyarakat.
Demikian sambutan tertulis  Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM   dibacakan Wakil Bupati Suraria Nahan Dipl ATP ST pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Mantangai, Selasa (22/2).
Bupati minta  kepada SKPD Kabupaten Kapuas terkait , Camat dan seluruh jajaran beserta Kades dan Lurah agar konsisten dan komitmen terhadap yang telah kesepakati yang merupakan bagian dari berita acara Musrenbang serta lampiran usulan kegiatan prioritas Kecamatan sebagai pegangan semua pihak untuk dibahas pada tahap selanjutnya .
Karena kalau dilihat dari pendekatan perencanaan atas bawah dan bawah atas maka Musrenbang Kecamatanlah yang merupakan pintu utama untuk membahas dan menyepakati progam prioritas Kecamatan.
Pada forum ini keterlibatan pemangku kepentingan di tingkat bawah sangat inten dan berbeda dengan forum gabungan SKPD dan Musrenbang Kabupaten yang hanya dihadiri oleh sebagian kecil perwakilan Kecamatan.
Secara khusus HM Mawardi minta dukungan dari semua fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kecamatan untuk mengawal kesepakatan pembiayaan program/kegatan khususnya usulan yang akan dibiayai melalui kegiatan PNPM  agar konsisten mengakomodir usulan kegiatan tersebut dalam tahapan dan proses penyusunan rencana program/kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2011 ini.
Sehingga dapat terintegrasi dengan baik dalam rencana kerja Kecamatan dan merupakan bagian dari upaya mengatasi isu dan masalah strategis pembangunan Kecamatan..
Lebih lanjut Bupati mengatakan,konsep ekonomi kerakyatan dikembangkan sebagai upaya untuk lebih mengedepankan masyarakat dengan kata lain konsep ekonomi kerakyatan dilakukan sebagai sebuah konsep untuk membangun dengan lebih mengutamakan kesejahteraan.
Oleh karena itu Bupati HM Mawardi minta,  kepada semua Camat, Kepala Desa dan Lurah untuk secara aktif mendorong dan mengkoordinasikan pengembangan usaha-usaha ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi wilayah masing-masing yang sudah ada dikelola oleh masyarakat serta mengoptimalkan peran usaha mikro , kecil dan menengah atau koperasi.
Pada kesempatan yang sama  Camat Mantangai Drs Mohamad Nuch menjelaskan ,  Pra Musrenbang telah menetapkan hasil skala prioritas, yaitu, bidang fisik, sarana prasarana sebanyak 59  usulan kegiatan. Bidang ekonomi 18. Bidang sosial budaya 30 usulan. Bidang UPTD dan SKPD Kecamatan Mantangai 30 usulan. SMA Negeri 1 Mantangai 2 usulan dan melalui PNPM Mandiri Pedesaan 43 usulan kegiatan.
Musrenbang itu dipimpin langsung Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan . Diikuti  anggota DPRD Kapuas Daerah Pemilihan IV, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Drs Oka Ariawan, Asisten II Drs H Zahirsyah Rofieq S Hut,  Kepala SKPD, Unsur Tripika, SKPD Tingkat Kecamatan,  Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Tokoh Masyarakat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda