Kamis, 10 November 2011

POSYANDU TINGKATKAN KESEHATAN IBU DAN ANAK


web_topKUALA KAPUAS – Kegiatan Posyandu memiliki peranan penting guna meningkatkan dan menjaga kesehatan ibu, balita dan anak.  Demikian diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kapuas Hj Aliyah Mawardi  pada saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan Kesehatan dan Gizi bagi kader posyandu di Desa Buhut Jaya, Kecamatan Kapuas Tengah, Rabu (9/11) Siang.
Kegiatan pelatihan kader kesehatan dan gizi bagi kader posyandu ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dengan PT. Telent Orbit Prima (TOP). “Diharapkan dengan pelatihan ini nantinya bisa memotivasi kader-kadernya untuk lebih aktif menggerakkan kegiatan posyandu di daerah,” tutur Hj Aliyah Mawardi.
Hal ini mengingat kegiatan posyandu memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan ibu , balita dan anak, secara khusus untuk menjaga kesehatan ibu selama kehamilan, pada saat bersalin dan saat ibu menyusui.
Lebih jauh dijelaskan, kader kesehatan merupakan ujung tombak pengelolaan posyandu, oleh karena itu kegiatan pelatihan bagi kader ini sangat bermanfaat guna meningkatkan keterampilan dan motivasi bagi kader posyandu di daerah, mudah-mudahan nantinya langkah ini menjadi kunci keberhasilan dalam pembinaan posyandu kedepannya.
Pada kesempatan itu Hj  Aliyah Mawardi berpesan kepada kepada kader-kader yang mengikuti pelatihan agar secara tulus ikhlas mengabdikan dirinya kepada masyarakat terutama ibu, balita dan anak, karena segala sesuatu yang dilakukan dengan tulus ikhlas pasti hasilnya akan lebih baik terutama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan.
Ia juga berpesan agar kegiatan posyandu dilaksanakan minimal satu hari dalam sebulan, dengan kegiatan utama sekurang-kurangnya lima kegiatan, meliputi pelayanan  kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, pencegahan dan penanggulangan diare.
web_top2Dalam hal duabelas pelayanan kesehatan gratis yang dicanangkan Pemda Kapuas diharapkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mensosialisasikannya.
Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Ani Handaningroem menuturkan, adalah merupakan tantangan bagi kita semua untuk turut berpartisipasi meningkatkan kegiatan posyandu, diantaranya dalam rangka kegiatan imunisasi campak dan folio, kepada seluruh jajaran kesehatan dan kader-kader di daerah agar lebih proaktif melakukan sweeping kepada masyarakat untuk memberikan imunisasi campak dan folio.
Usai membuka acara pelatihan, Ketua TP-PKK Hj Aliyah Mawardi dan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Ani Handaningroem secara simbolis melakukan pemberian imunisasi campak dan folio terhadap balita di Desa Buhut Jaya dan melakukan penanaman bibit sayur di demplot budidaya sayuran Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) TOPPAMA. (Humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda