Selasa, 20 Desember 2011

KAGAMA GELAR SEMINAR PEMBINAAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN


web_kagama_jaKUALA KAPUAS – Untuk kedua kalinya Pengurus Cabang Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada menggelar seminar. Jika sebelumnya pada tahun 2010 telah dilaksanakan Seminar Reformasi Birokrasi yang menghadirkan Gubernur Jogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, kini digelar Seminar Pembinaan Karekter Kewirausahaan dengan mengundang Tim Bob Sadino.
Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bupati, Selasa (20/12) pagi hingga sore ini dibuka langsung oleh Bupati Kapuas HM Mawardi disampingi sejumlah unsur Forkominda. Kemudian dari Tim Bob Sadino diundang sebagai narasumber yakni Marlock dan Zainal Abidin dari Jakarta.
Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi dan menyambut baik pelaksanaan seminar ini, karena tema seminar ini memiliki arti yang kuat terhadap sikronisasi dengan visi Kabupaten Kapuas yaitu “bersama membangun ekonomi kerakyatan berbasis pada agrobisnis dan agroindustri menuju kapuas yang Amanah (aman, maju, sejahtera dan tangguh)”.
Sebagaimana diketahui bersama bahwa tantangan yang dihadapi oleh pemerintah semakin hari semakin berat dan rumit, terutama kondisi masyarakat yang menyangkut masalah-masalah sosial berupa jumlah pengangguran dan kemiskinan yang semakin lama semakin meningkat seiring dengan laju perkembangan pembangunan dan tuntutan jaman yang tidak diimbangi dengan upaya perbaikan.
Salah satunya adalah melalui pemberdayaan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan, tetapi yang paling penting adalah sinergisitas antara pemerintah, masyarakat dan swasta. Kewirausahaan dapat melahirkan pengusaha yang tangguh dan kuat yang dapat menjawab tantangan daripada pengangguran dan kemiskinan tersebut.
“Jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) yang dicontohkan oleh Om Bob Sadino memiliki arti dan kata kunci sukses adalah tidak mudah menyerah dan jangan takut gagal. “dengan kegagalan, kita bisa belajar bagaimana kedepan lebih baik lagi. Jadi, jangan pernah takut untuk gagal” kata enterpreneur sukses asli Indonesia ini,” terang Mawardi.
Lebih lanjut dijelaskan Kabupaten Kapuas ditinjau dari struktur ekonomi dari tahun ke tahun berdasarkan PDRB selama ini sektor pertanian dalam arti luas berbasis agrobisnis dan agroindustri memiliki dominasi yang tinggi yaitu rata-rata 50 % per tahun.
Hal ini menunjukkan bahwa bisnis pertanian dalam arti luas (pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan) memiliki peluang yang cukup besar, tidak hanya pasar international saja, tetapi pasar dalam negeri indonesia sangat menjanjikan untuk perkembangan bisnis pertanian tersebut.
Disamping itupula potensi sumberdaya alam lainnya juga menjanjikan di kabupaten kapuas yaitu sektor pertambangan dan kehutanan. Kabupaten kapuas telah menyusun road map 5 (lima) produk komoditi unggulan di kabupaten kapuas yaitu padi (beras), karet, rotan, ikan patin dan peternakan. Permasalahan sekarang adalah bagaimana dengan sumber daya manusia yang mengelolanya.
“Om bob sadino mengatakan bahwa semakin banyaknya minat generasi muda untuk berwirausaha dapat meningkatkan jumlah usahawan indonesia yang saat ini hanya 1,8 persen dari total penduduk Indonesia,” ungkapnya.
Bahkan Bupati berharap dari materi yang akan disampaikan  dapat melahirkan pengusaha 20 tahun mendatang dan dapat memotivasi anak-anak tamatan smk yang ada di kabupaten kapuas dan beberapa pengusaha-pengusaha yang dikelola oleh kadin kabupaten kapuas untuk mencoba memulai usahanya dan merintis menjadi seorang enterpreneur yang sukses, terutama focus kepada teknologi pertanian dan market pasar termasuk juga kemasannya, dalam arti secara keseluruhan dari hulu sampai hilir.
Sementara itu  Ketua Kagama Cabang Kabupaten Kapuas, Drs. H. Nurul Edy, M.Si menjelaskan Kagama adalah Organisasi kekeluargaan dan merupakan singkatan dari Keluarga Alumni Universitas gajah Mada. Orgnisasi ini berdiri di luar UGM namun memiliki jalinan hubunganyang erat dengan UGM dan alumni kagama otomatis menjadi anggotanya.
Kepada seluruh alumnus UGM yang ada di Kabupaten Kapuas agar dapat aktif berpartisipasi dalam organisasi yang kita cintai ini, pinta Nurul Edy. Bersama-sama kita memberikan pemikiran-pemikiran yang bersifat membangun untuk mendukung program Pemerintah daerah, tambahnya.
”Selama ini Kagama telah aktif bekerjasama dengan pemerintah Daerah dalam rangka mendukung pembangunan di daerah ini, tegas Nurul Edy. Diantara program yang telah dilakukan oleh Kagama, melakukan pertemuan rutin anggota, melakukan kunjungan ke Desa Basarang dan Dadahup sebagai langkah untuk memprogramkan Bina Desa dengan dengan harapan dapat menjadikan desa untuk lebih mandiri, inovatif. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda