Selasa, 20 Desember 2011

MASYARAKAT DIAJAK TURUT AKTIF DALAM PENGELOLAAN SAMPAH


web_sampahKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Kapuas pada umumnya dan masyarakat Kota Kapuas untuk turut serta berperan aktif dalam penanganan dan pengelolaan sampah dimulai dari lingkungan rumah tangga, RT/RW, lingkungan perumahan, desa maupun kelurahan.
Demikian disampaikan Sekda Kapuas Drs H Nurul Edy MSi membacakan sambutan Bupati Kapuas pada saat meresmikan acara Sosialisasi Teknologi Pengelolaan Sampah di Aula Hotel Ross, Senin (19/12) pagi.
Berdasarkan hasil laporan monitoring dan evaluasi tahun 2011 di kota Kapuas terdapat sekitar 34.500 M­sampah yang dihasilkan. Hal ini membuktikan bahwa kota Kapuas memiliki produksi sampah yang cukup besar, untuk itu perlu perhatian khusus baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah dalam menangani masalah sampah.
“Masalah sampah ini sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan, kebersihan, estetika, ekonomi dan sosial budaya” tutur Nurul Edy. Perubahan gaya hidup dan pola pikir dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi penanganan dan pengelolaan sampah disekitar kita, tambahnya.
Pada kesempatan itu, Sekda Nurul Edy secara simbolis menyerahkan bantuan Pemkab Kapuas berupa kunci 2 unit kendaraan roda 3 (merk tossa)  dan baju kaos kepada perwakilan Pokja peduli lingkungan.
Ditempat yang sama Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Drs. Lesmeriadi  menambahkan bahwa tujuan dari Sosialisasi Teknologi Pengelolaan Sampah  ini adalah untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang penanganan sampah baik dari rumah tangga, industri dan usaha agar tidak terjadi pencemaran lingkungan akibat penumpukan sampah.
“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepekaan masyarakat tentang kesehatan lingkungan”, tutur Lesmiriadi.
Selain itu juga dalam rangka menyiapkan kelompok masyarakat peduli lingkungan sehat, indah, bersih dan aman, menghadapi penilaian adipura tahap II pada awal bulan Januari-Maret 2012. (Humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda