Senin, 08 Februari 2010

TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM KESEHATAN TAHUN 2009 BERHASIL

KUALA KAPUAS – Suasana keakraban begitu terasa saat Bupati Kapuas HM Mawardi menggelar konfrensi pers di Café Terapung Kabupaten Kapuas, Sabtu (6/2) malam. Kegiatan yang dijadwalkan akan dilangsungkan setiap 15 hari sekali ini dihadiri Wakil Bupati Suraria Nahan serta sejumlah Kepala SKPD. Tak hanya itu puluhan wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik tampak antusias mengikuti kegiatan dimaksud.


Pada malam itu, Dinas Kesehatan diberi kesempatan perdana untuk menyampaikan paparan pembangunan bidang kesehatan di hadapan Bupati, Wakil Bupati, wartawan serta pada undangan lainnya. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Ani Handaningroem secara keseluruhan pencapaian kinerja, baik tujuan dan program menunjukkan keberhasilan.

“Pelayanan kesehatan ibu dan anak pelayanan pengobatan dan perawatan, penyelenggaraan pemberantasan penyakit menular serta  penyelenggaraan pembiayaan dan jaminan kesehatan menunjukkan indokator berhasil dilakukan,” terang Ani.

Namun demikian, Ani mengakui masih terhadap kendala yang dihadapai dalam bidang kesehatan. Seperti masih kurangnya tenaga sumber daya manusia (SDM), khususnya untuk mengisi formasi polindes/poskesdes. “Kami terus berupaya untuk terus mengisi kekosongan tersebut dengan meminta tambahan tenaga kesehatan. Namun masih saja ada formasi yang tidak dapat dipenuhi,” ungkapnya.
Disamping itu Ani juga menjelaskan pelaksanaan proyek CWSHP tahun 2009 dan 2010. Tujuan proyek dimaksud untuk penyediaan air bersih yang lebih berkualitas. Penyediaan sarana sanitasi yang lebih baik serta perbaikan perilaku hidup bersih dan sehat.

jumpa_pers_bSementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi mengungkapkan pertemuan ini akan dilakukan setiap 15 hari. Artinya dalam setiap bulan akan dilakukan dua kali pertemuan antara Bupati dengan insan pers di Kabupaten Kapuas. Topik pembahasan akan disesuaikan dengan SKPD yang menjadi penyelanggara. Misalnya Dinas Kesehatan maka topik yang tentang kesehatan.

“Bidang kesehatan memang menjadi salah satu prioritas dari Pemkab Kapuas. Apalagi saat ini Pemkab Kapuas telah memberikan 11 pelayanan kesehatan dasar gratis kepada masyarakat. Diharapkan upaya ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Kapuas yang AMANAH (Aman, Maju, Mandiri, Sejatera dan Tangguh),” terang Bupati.
Disela kegiatan diisi dengan tanya jawab antara wartawan dengan Bupati. Proses ini semakin hangat sebab diisi dengan pertanyaan tentang kesehatan, baik yang belum berhasil dilakukan maupun upaya apa untuk mengatasinya. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda