Senin, 22 Maret 2010

MASJID AGUNG AL MUKARRAM AKAN DI REHAB TOTAL


masjid_rehabKUALA KUPUAS – Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Agung Al Mukarram di Jalan Tambun Bungai, Sabtu (20/3) pagi.  Setelah wagub peletakan batu juga dilakukan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi Wabup Kapuas Suraria Nahan diikuti seluruh unsur muspida.

Menurut Bupati Kapuas HM Mawardi Masjid AL Mukarram merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Kuala Kapuas sebagai pusat kegiatan keagamaan umat Islam yang kondisinya sekarang tidak mampu lagi menampung jumlah jamaah khususnya dalam melaksanakan ibadah pada hari-hari besar.

“Sesuai rencana biaya dan master plan yang telah dibuat, total kebutuhan dana yang diperlukan mencapai Rp25 miliar dengan luas lahan pembangunan masjid 4 hektare. Kemudian luas bangunan yang ada 40,15 M X 28 M dengan luas bangunan yang akan dibangun 43,75 M X 51,82 M,” jelas Bupati.

Dalam rangka penyelesaian pembangunan asjid akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama menelan dana Rp9,5 miliar yang diperuntukan guna pembongkaran masjid, pembuatan pondasi dan kolam.

Kemudian tahap dua meliputi pengerjaan dinding, atap dan kubah. Pembongkaran masjid bagian  depan dan pekerjaan jendela serrta kusen keluruhan. Sedangkan tahap tiga meliputi pemasangan kubah besar, pekerjaan finishing dan interior dan menara setinggi 40 meter.

”Pembangunan atau rehabilitasi rumah-rumah ibadah merupakan program reguler pemerintah daerag dalam setiap tahun anggaran untuk semua agama yang dialokasikan secara proposional sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan kemampuan keuangan daera,” tukas Bupati. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda