Selasa, 16 Maret 2010

MTQ TINGKAT KABUPATEN RESMI DIMULAI, DIIKUTI 12 KECAMATAN


mtqKUALA KAPUAS – Sedikitnya 496 orang peserta dan oficial mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-39 Tingkat Kabupaten Kapuas di Kecamatan Mantangai. Mereka berasal dari 12 kecamatan se Kabupaten Kapuas. Kegiatan berlangsung tanggal 14 s/d 18 Maret 2010 dengan 8 cabang yang dilombakan.

Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM saat membuka kegiatan tersebut mengajak kaum muslimin di Kabupaten Kapuas untuk menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis. Ajakan Bupati HM Mawardi itu disampaikan pada Pembukaan MTQ Ke-39 Tingkat Kabupaten Kapuas di Kecamatan Mantangai, Minggu (14/3) malam.

Mari kita tunjukan bahwa masyarakat Kabupaten Kapuas, sebagaimana motto Kota Kuala Kapuas adalah Kota AIR (Aman, Indah dan Ramah) maka bangunkan kebersamaan untuk mengatasi berbagai persoalan dan masalah yang kita hadapi dengan cara-cara yang sungguh Islami.

Kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemimpim ummat, agar kiranya terus membimbing , membina dan menghindari ummatnya dari tindakan-tindakan yang tidak terpuji, sebagaimana yang dilaksanakan Rasullulah SAW, dalam mengemban risalah dakwah  Amar Mar’ruf Nahi Mungkar, harap HM Mawardi.

Dengan lantunan membaca Ayat Suci Al Qur’an dengan susunan kata yang indah, kalimat yang baik dan terang serta gaya bahasa mengagumkan, memberikan insfirasi yang tidak pernah kering.

Semakin didalami isi kandungan Al Qur’an , kita ummat Islam semakin yakin kebenaran firman Allah SWT, demikian pula semakin dibaca dengan lantunan indah, akan terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan Al Qur’an.

Kegiatan MTQ hendaknya dijadikan wahana pembinaan mental spritual dalam menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaqul karimah serta menciptakan nuasa ukhuwah Islamiyah, ungkap Bupati HM Mawrdi.

Pada kesempatan yang sama  Kapala Kementerian Agama Drs H Mahli mengatakan Al Qur’an tidak hanya merupakan petunjuk bagi umat Islam, tetapi juga bagi seluruh umat manusia. Dan alam semesta, karena nilai-nilai yang terkandung didalam Al Qur’an bersifat universal Rahmatan Lil Alamin.
Sementara itu Ketua harian LPTQ H Ahmad Baihaqi mengajak kita dan generasi muda terbiasa dekat dengan kitab suci Al Qur’an, kita dengar, baca, pahami yang terus berkumandang di arena musabaqah ini seyogianya menjadi pengamalam setiap hari.

Menurut Ketua Panitia juga  Camat Mantangai Drs Fakhruransi, MTQ ke-39 ini diikuti 12 Kecamatan dengan jumlah peserta dan oficial sebanyak 496 orang. Kegiatan dilombakan sebanyak 8 cabang, berlangsung Tanggal 14 s/d 18 Maret 2010.

Pembukan MTQ Ke-39 Tingkat Kabupaten Kapuas itu ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati HM Mawardi dan dimeriahkan atraksi tarian massal oleh grup hadrah Sabilal Muthadin dari Kecamatan Pulau Petak.
Dihadiri Ketua DPRD Robert L Gerung, Unsur Muspida, Wakil Bupati Suraria Nahan, Kepala SKPD, Ketua MUI KH Abdul Mutahlib, Ketua TP PKK Ny Hj Aliyah Mawardi,  para undangan dan sejumlah kaum muslimin yang memenuhi arena MTQ.

Sebelum Pembukaan MTQ ,  pada siang hari dilaksanakan pawai Ta’aruf dilepas Sekda Kapuas Drs H Nurul Edy Msi dan wisuda santri/santriwati TK/TPA Al Qur’an se Kecamatan Mantangai diikuti 116 orang . (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda