Jumat, 19 Maret 2010

WAGUB DAN BUPATI PANEN PADI DI TERUSAN MULYA


panen_terusanKUALA KAPUAS - Pola budidaya usaha tani padi yang telah dilaksanakan selama ini perlu terus menerus dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain Padi sebagai komditas utama, palawija dan hortikultura khususnya sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yang dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian keluarga, tidak menutup kemungkinan juga untuk dikembangkan dengan pengelolaan yang sesuai dengan tuntutan teknis.
Hal ini dikatakan Bupati Kapuas HM Mawardi usai melakukan  Panen Padi Dalam Mendukung Peningkatan Produksi Tahun 2010 di Desa Terusan Mulya Kecamatan Selat, Rabu (17/3) siang. Menariknya panen perdana juga dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur (wagub) Kalteng Achmad Diran bersama unsur muspida Kabupaten Kapuas.

“Upaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan untuk pertanian di Kabupaten Kapuas ini, harus terus kita pacu. Saya harapkan kepada masyarakat tani disini, optimalkan lah kembali lahan-lahan yang pernah tergarap. Karena kita semua tahu bahwa beberapa tahun yang lalu daerah terusan ini adalah merupakan salah satu daerah sentra produksi padi unggul disamping padi lokal yang sudah eksis,” kata Bupati saat berdialog dengan warga setempat.
Diungkapkan hasil ubinan pada beberapa wilayah hamparan luasan panen pertanaman MT OKMAR 2009 /2010 yang sudah dan sedang dilaksanakan terlihat adanya peningkatan hasil yang cukup berarti. Sebagai contoh hasil ubinan swakarsa padi ladang varitas lokal yang dilaksanakan di Desa Palingkau Sejatera SP-3 Kecamatan Kapuas Murung produktivitas mencapai 3,2 ton GKG sebelumnya produktivitas padi ladang bekisar 1,9 ton GKG hingga 2,2 ton GKG.

Sementara itu Wagub Kalteng Achmad Diran menjelaskan hasil pertanian khususnya padi selalu mengalami peningkatan. Kabupaten Kapuas sebagai salah satu penyumbang produksi padi terbesar di Kalteng. “Kami informasikan Kabupaten Kapuas sebagai salah satu kabupaten penyumbang beras terbesar di Kalteng selain Katingan, Pulang Pisau, Lamandau dan Bartim.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan TPH Kabupaten Kapuas Afiadin Husni menjelaskan luas wilayah Desa Terusan Karya  1.350 Ha dengan lahan eksits padi  1.050 Ha. “Kawasan luas lahan yang di panen saat ini 150 Ha dengan varietas yg dipanen  Ciherang. Hasil Ubinan : 4,37 ton/Ha GKP setara  3,75 ton/Ha GKG. Lahan baru 2 tahun dilakukan dua kali tanam bulan Oktober dan Maret,” ungkap Afiadin.

Usai melakukan panen rombongan Wabup dan Bupati menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baiturohim Desa Terusam Mulya Blok D. Disini ribuan warga, memadati masjid. Meraka terlihat antusias mendengarkan ceramah oleh KH Muchtar Ruslan. Disela kegiatan Wabug menyerahkan bantuan uang senilai Rp7 juta bagi untuk Masjid Baiturohim. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda