Kamis, 18 Maret 2010

BUPATI SAMPAIKAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN 2009


par._okKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir tahun anggaran 2009 dihadapan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kapuas, Rabu (17/3) pagi. Penyampaian laporan ini bertepatan dengan peringatan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Kota Kuala Kapuas.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kapuas Robeth L Gerung dan dua wakil ketua serta anggota DPRD Kabupaten Kapuas. Tampak pula Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan, Sekda Kapuas Nurul Edy dan sejumlah unsur muspida.

Dalam laporannya Bupati menjelaskan proses penyusunan TA 2009 berdasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan rencanan pembangunan jangka menengah daerah. Dengan berpedoman pada rencana RPJP daerah disertai dengan menguraikan arah kebijakan umum pemerintah daerah.

Penyampaian LKPJ TA 2009 bersifat progress report yang menggambarkan situasi dan kondisi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berada pada saat perkembangan perekonomian nasional/daerah yang selalu mengalami perubahan yang tidak menentu, sesuai dengan dinamika di masyarakat.

“Kondisi demikian,  sangat berpengaruh terhadap mutu pelayanan pemerintah kepada masyarakat untuk mampu mengemban dan menyelenggarakan amanat rakyat. Maka sejak tahun pertama Pemerintah Kapuas telah menyampaikan visi dan misi bersama membangun ekonomi kerakyatan berbasis pada agribisnis dan agroindustri menuju Kapuas yang AMANAH,” jelasnya.

Pidato setebal 58 halaman ini juga dijelaskan dalam penyelanggaraan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, secara umum telah berupaya untuk berpedoman pada prinsip tata pemerintahan yang baik dengan berdasarkan pada PP Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan peraturan Mendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Keberhasilan penyelanggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan selama ini pada dasarnya adalah berkat usaha dan kerja keras segenap unsur pemerintahan, baik sipil maupun TNI/Polri dan berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat, kekuatan sosial politi dan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Kapuas. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda