Senin, 22 Maret 2010

PEMDA MILIKI FUNGSI GANDA


sk_capegKUALA KAPUAS – Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengingatkan kepada bahwa pemerintah daerah memiliki fungsi ganda yaitu sebagai penyelenggara pemerintahan sekaligus sebagai penyelenggara utama pembangunan di daerah.

Demikian disampaian oleh Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 204 dan HUT Pemkab Kapuas ke 59 di Lapangan Panunjung Tarung, Sabtu (20/3) pagi.

Menurutnya sebagai penyelanggara pemerintahan di daerah, pemerintah daerah berperan menata kehidupan masyarakat dalam kerangka regulasi. Sedangkan sebagai penyelanggara utama pembangunan, pemda berperan sebagai pelaksana dan penanggungjawab utama atas keseluruhan proses pembangunan yang dilaksanakan di daerah.

“Pemda Kapuas dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai penyelanggara pemerintahan perlu mengambil langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menciptakan iklim yang kondusif, terutama pemerintahan dan lingkungan ekonomi,” terang Wagub dihadapan ratusan peserta upacara.
Hal tersebut sejalan dengan tema pemeringatan kali ini adalah Dengan Semangat Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 204 dan HUT Pemkab Kapuas ke 59 Kita Tahun 2010 Sebagai Tahun Sukses Pilkada Gubernur Untuk Meneruskan dan Menuntaskan Pembangunan Menuju Kapuas yang AMANAH (Aman, Maju, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh).

Pada peringatan tersebut juga dibacakan sejarah singkat Kabupaten Kapuas serta pembacakan teks Pancasila. Diakhir kegiatan juga diserahkan secara simbolis SK CPNS Tahun 2009, baik dari pelamar umum dan dari tenaga honorer.  Selain itu juga ditambilkan aktraksi drumband Bahana Gita Praja yang diasul oleh TP PKK Kapuas.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kapuas HM Mawardi, Wakil Bupati Suraria Nahan, Wakil Bupati Gumas Arton Dohong, Wakil Walikota Palangka Raya Maryono, mantan Bupati Kapuas Odji Durahman serta seluruh unsur Muspiada. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda