Rabu, 03 Maret 2010

TARGET PRODUKSI PADI LAMPAUI TARGET


RAKER_PERTANIAN_1KUALA KAPUAS -  Produksi padi tahun 2009 melebihi target. Dari 300 ribu ton, dan terealisasi sebesar 306.238 ton (102,11 %. Sehingga terjadi kenaikan produksi padi sebesar 28.989 ton (10.44%) dan peningkatan produktifitas sebesar 1,73 kw/ha (6,18 %) dibanding tahun 2008. Ini menjadikan Kapuas sebagai penyumbang produksi padi terbesar yaitu 55.57 % dari produksi padi Kalimantan Tengah.

“Tetapi perlu saya tekankan, hal ini jangan menjadikan kita cepat puas dan terlalu berbangga, sehingga dapat mengakibatkan kita lengah. Karena makin besar yang kita lakukan, makin besar hambatan dan permasalahan baru yang timbul, untuk itu kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mencari solusinya,” kata Bupati HM Mawardi saat membuka Rapat Kerja (Raker)  Dinas Pertanian dan TPH di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Selasa (2/3) pagi.

Bupati meminta melakukan evaluasi kembali hambatan dan permasalahan yang dihadapi terutama dalam peningkatan produksi dan produktifitas padi disamping juga komoditi, sehingga apa saja langkah konkrit yang perlu dilakukan kedepan.

Ditambahkan produktifitas padi, kalau dilihat rata-rata Kalimantan Tengah memang kita masih diatas (Kalteng 26,99 kw/Ha), sedangkan Kapuas sudah mencapai 29,72 ku/Ha.

Namun kalau dilihat rata-rata Nasional 4,5 ton/ha, masih jauh ketinggalan. Ini merupakan tantangan saat ini maupun ke depan yang harus bahkan mendesak untuk dibahas dan dirumuskan secara bersama terhadap langkah yang perlu kita lakukan, dalam upaya peningkatan produktifitas. Baik terhadap budidaya, tehnologi, sarana prasarana serta sistem lain yang menunjang seperti distribusi pupuk, penggunaan benih unggul dll.

“Saya ingin kerja keras bersama tahun 2010 untuk mampu meningkatkan produktifitas khususnya padi sawah diatas 3,5 ton/Ha dan ladang diatas 2,5 ton/Ha dan rata-rata produktifitas padi diatas 3,2 ton/Ha. Bahkan 2013 nanti mampu rata-rata diatas 4 ton/ha,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan TPH Kabupaten Kapuas, Ir Afiadin Husni menjelaskan tujuan dari pada Rapat Kerja ini, adalah dalam rangka Evaluasi Program kegiatan Pertanian Tahun 2009 serta sinkronisasi Penyusunan dan Perumusan program/kegiatan, serta penjelasan-penjelasan teknis kegiatan pertanian khususnya Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2010.

Disamping itu pula saya ingin, nantinya pertemuan ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan yang mampu memberikan rekomendasi terhadap percepatan pembangunan pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kabupaten Kapuas, secara khusus upaya percepatan peningkatan produksi pangan, persiapan dan rancangan pengembangan mekanisasi pertanian, serta pemantapan pengembangan agribisnis perberasan.

Bahwa dalam rapat kerja ini hadir seluruh petugas-petugas dilapangan, baik Mantri Tani, Kepala BPP, Kepala Balai Benih dan seluruh Penyuluh Pertanian lapangan Kapuas serta Perwakilan HKTI dan KTNA dari Kecamatan se Kabupaten Kapuas serta unit Teknis Dinas Pertanian Propinsi yang ada di Kabupaten Kapuas, serta stake holder dibidang pertanian seperti PT. Pupuk Kaltim, PT. Petrokimia, PT. Sang Hyang Sri dan PT. Pertani. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda