Kamis, 25 Februari 2010

WABUP HADIRI MUSRENBANG DI TIMPAH, PUJON DAN SEI HANYO


pujon_1KUALA KAPUAS – Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tiga kecamatan bagian hulu di hadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Suraria Nahan. Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah dan Kapuas Hulu.

Jadwal kegiatan dilaksanakan berbeda yang dimulai sejak hari Senin ((22/2) di Timpah, lalu Selasa (23/2) di Pujon dan terakhir di Sei Hanyo hari Kamis (25/2). Sebelum digelar Musrenbang Tim dari Bappeda Kabupaten Kapuas menggelar Pramusrenbang di masing-masing wilayah.

Saat kegiatan berlangsung Wabup didampingi sejumlah Kepala SKPD. Mereka adalah Kepala PU, Kepala Dinkes, Kepala Dukcapil, Kepala BLH, Kaban Kesbangpol Linmas, Kepala BPMD dan Kepala Kantor Ketahanan Pangan.

Selain itu turut pula hadir 4 anggota DPRD Kapuas Dapil V serta pejabat eselon III lingkup Pemkab Kapuas. Kegiatan Musrenbang untuk program pembangunan tahun 2011 ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat khususnya kades di wilayah setempat.

Secara umum dalam pelaksanaan Musrenbang harapan masyarakat mendapatkan perbaikan infrastruktur khususnya jalan. Kemudian perbaikan gedung sekolah dan kesehatan. Lalu penambahan tenaga guru dan kesehatan juga menjadi salah satu usulan masyarakat.

Menurut Wabup Suraria Nahan Musrenbang kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan.

Nantinya seluruh usulan dari kecamatan akan dapat disinergikan dengan kegiatan yang dilakukan melalui PNPM Mandiri Perdesaan. Sebab pada Tahun 2010 ini seluruh kecamatan di kabupaten kapuas mendapat alokasi dana yang cukup besar dari program tersebut disamping juga dapat memanfaatkan kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan desa yang dilakukan oleh pihak-pihak lembaga non pemerintah atau NGO yang bekerja di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Dengan tersusunnya kedua dokumen tersebut maka akan diketahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral, disamping itu untuk mendorong perkembangan desa dan kelurahan swadaya dan swakarya menjadi desa dan kelurahan swasembada,” jelas Wabup.

Diharapkan pula dari Musrenbang Kecamatan diperolehnya dokumen rencana kerja (renja) yang akan dibiayai kecamatan yang bersumber dari APBD kabupaten dan sumber lainnya (PNPM, partisipasi masyarakat, dunia usaha/swasta) pada tahun 2011 dan daftar kegiatan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan melalui SKPD atau gabungan SKPD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2011. (*)
timpah_1

pujon_2

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda