Sabtu, 20 Februari 2010

PULUHAN TOKO DI PASAR BESAR TERBAKAR


kebakaran_1KUALA KAPUAS – Musibah kebakaran terjadi di Kota Kuala Kapuas, Jumat (19/2) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Puluhan toko di Jalan Mawar  tepat diseberang Blok R habis terbakar. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Kebakaran yang terjadi disaat sebagian besar warga tertidur  lelap, mengagetkan warga sekitar. Saat itu pemilik toko berusaha menyelamatkan barang dagangnya yang dididominasi pedagang sembako. Api sendiri berhasil dijinakkan sekitar satu jam kemudian.

Puluhan unit pemadam kebakaran, baik milik Pemkab Kapuas maupun swadaya masyarakat turun ke lokasi. Bahkan sejumlah mobil pemadam dari Provinsi tetangga Kalsel juga ikut memadamkan api. Mereka datang secara spontanitas begitu mendengar adanya musibah kebakaran di Kota Kuala Kapuas.

Menurut warga sekitar api diketahui membakar sekitar pukul 01.30 WIB. Saat itu warga sekitar berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya. Namun karena bangunan yang berdempetan, api tidak bisa dikendalikan. Apalagi rata-rata bangunan terbuat dari kayu.

Diduga api berasal dari hubungan arus pendek aliran listrik dari salah satu toko yang ada di kawasan tersebut. “Saat itu saya terbangun karena mendengar ribut-ribut diluar. Tak taunya ada api di kawasan Pasar Besar,” kata Aban warga Jalan Anggrek Kota Kuala Kapuas.

Dituturkannya saat kejadian angin berhembus cukup kencang. Untungnya tak lama berselang hujan mengguyur Kota Kuala Kapuas. Hal ini sangat membantu petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api. “Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.30 WIB,” tukasnya. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda