Selasa, 23 Februari 2010

CAMAT UNTUK PROAKTIF MEMFASILITASI PENYUSUNAN RPJMDES


musrenbang_utk_web
Dalam rangka mengoptimalkan dan mengefektifkan sasaran perencanaan pembanguanan, Bupati Kapuas Ir. HM Mawardi, MM meminta kepada Camat dan jajarannya untuk secara proaktif memfasilitasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) sebagaimana amanat Permedagri Nomor 66 Tahun 2007 tentang Perencanaan Desa dan Penyusunan Profil Desa/Kelurahan dan Permendagri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.
Bupati HM Mawardi mengingatkan hal itu pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Selat, Senin (22/2). Mengingat keterbatasan dana Pemerintah, HM Mawardi minta forum Musrenbang Kecamatan benar-benar dapat menghasilkan usulan kegiatan prioritas masyarakat yang akan terus kita kawal sampai pada proses penganggarannya oleh karena itu semua pihak yang terlibat baik yang hadir sebagai narasumber maupun peserta dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi  dan pada saatnya merumuskan kesepakatan bersama yang dituangkan dalam berita acara Musrenbang beserta lampiran-lampiran usulan kegiatan prioritas Kecamatan yang menjadi pegangan semua pihak untuk dibahas pada tahap selanjutnya.
musrenbang_utk_daposDisamping itu  juga  kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan secara swadaya masyarakat agar tetap terus didorong. Oleh karena itu jajaran Kecamatan nantinya harus dapat menginventaris kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan melalui swadaya murni masyarakat yang selama ini tidak pernah diinformasikan secara baik. Karena kalau dilihat dari pendekatan perencanaan atas-bawah dan bawah-atas maka Musrenbang Kecamatanlah yang merupakan pintu utama untuk membahas dan menyepakati program prioritas Kecamatan, ungkap Bupati HM Mawardi.
Pada Kesempatan yang sama Camat Selat Drs. Yusransyah mengatakan, Musrenbang di Tingkat Desa dan Kelurahan sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2010 dan pra Musrenbang Kecamatan Selat dilaksanakan tanggal 21 Pebruari 2010. Yusransyah mengutarakan, bahwa usulan yang menjadi skala prioritas saat ini bukan merupakan daftar keinginan tetapi kebutuhan yang memang sangat mendasar dan diperlukan masyarakat. Musrenbang tersebut diikuti sejumlah Anggota DPRD Kapuas, SKPD, Kepala UPTD Kecamatan selat, Koordinator/Konsultan PNPM –MP, Lurah, Kepala Desa dan LSM.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda