Kamis, 20 Mei 2010

PUSKESMAS UJUNG TOMBAK PELAYANAN KESEHATAN


kes_webKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi mengatakan pukesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar dalam mewujudkan komitmen peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dan berkesinambungan.

Komitmen dan tekad untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima itu berada di Kepala UPTD puskesmas yang telah dipercaya mengemban tugas tersebut. Peningkatan manajemen pelayanan kesehatan yang berorientasi pada peningkatan kinerja yang prima membutuhkan proses yang sistematis.

Hal ini dikatakan Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Kapuas, Rabu (19/5) pagi di Aula Kantor Bappeda Kapuas.

Menurutnya salah satu indikator utama untuk mengukur keberhasilan pencapaian visi Indonesia masa depan adalah tercapainya hak atas hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat melalui sistem kesehatan yang dapat menjamin terlindungnya masyarakat dari resiko yang dapat mempengaruhi kesehatan.

“Program BMW yang telah dicanangkan dinilai tepat untuk melaksanakan program kesehatan. Program pelayanan prima yakni biaya yang transparan, mudah dalam pelayanan dan prosedur serta waktu yang tepat dan cepat,” tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan tantangan bidang kesehatan di Kabupaten Kapuas pada tahun-tahun kedepan harus secara proposional dan tepat. Sebab keadaan kesehatan masyarakat masih perlu mendapat perhatian yang serius.

Seperti yang terlihat pada data kesehatan tahun 2009, cakupan kunjungan ibu hamil sebesar 91 persen dari target 95 persen. Kemudian cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi kebidanan sebesar 87 persen dari target 90 persen.

Lalu cakupan peserta KB aktif tahun 2008 mampu dilampaui dari target 70 persen berhasil dicapai 79 persen. Untuk pelaksanaan program penanganan desa yang mengalami KLB, cakupan pneumonia, HIV AIDS, pengobatan malaria dan diare serta cakupan jaminan pemeliharaan kesehatan keluarga miskin tercapai 100 persen.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Ani Hadiningroem mengatakan tugas dan fungsi Kepala UPTD Puskesmas adalah memimpin dan mengakomodir kegiatan di tingkat puskesmas. Sehingga seluruh kegiatan akan dapat selaras baik dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Kegiatan rakernis akan berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak tanggal 19 hingga 21 Mei 2010. Para peserta adalah Kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Kapuas dengan tema melalui BMW kita wujudkan masyarakat Kapuas yang sehat,” terang Ani. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda