Sabtu, 19 Maret 2011

WABUP TANAM PERDANA JAGUNG HIBRIDA


E-mail Cetak PDF
wabup_tanam_webKUALA KAPUAS – Penanaman perdana bibit jagung hibrida mulai dilakukan
secara serentak di sejumlah lokasi di Kabupaten Kapuas. Titik penanaman di lakukan di Kecamatan Basarang, Kecamatan Kapaus Murung dan Kecamatan Mantangai. Khusus di Kecamatan Mantangai yang berlokasi di C5 Lamunti dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan, Jumat (18/3) siang.

Pada penanaman ini Wabup didampingi oleh Istri Ramelie Surarai Nahan , Kasdim 1011/KLK Arm Cecap Wira Mulya, Pimpinan PT Citra Indonesia Indah Andri Salim Wijaya, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Raden Ledi Matias, Kepala Kesbangpol Djumrinson. Kemudian pejabat eselon III dan IV dari sejumlah instansi terkait Dari rencana yang ada luas penanaman di lokasi ini mencapai 15 hektare yang mulai tanam 17 Maret 2011 dan diperkirakan panen pada 24 Juni 2011. Penanaman sendiri akan melibatkan kelompok tani di desa tersebut dengan pola terpadu demplot jagung hibrida. Kegiatan ini selain melibatkan kelompok tani, juga melibatkan investor dari PT Citra Indonesia Indah. Diharapkan budidaya tanaman jagung yang digagas oleh jajaran Kodim 1011/KLK ini mampu menjadi salah satu penopang kebutuhan pangan selain padi.
 
“Kami berharap dengan adanya penamanan perdana jagung hibrida ini dapat memberikan manfaat dan hasil yang maksimal dalam meningkatkan produksi. Kemudian pada akhirnya mampu meningkatkan taraf hidup petani,” kata Suraria Nahan. Kegiatan uji coba penanaman/demplot pengembangan usaha tani jagung ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang produktivitas, produksi, antisipasi terhadap hama dan penyakit serta akan dapat menjadi acuan untuk menilai kelayakan investasi terhadap budidaya jagung.

 Pada kesempatan itu Wabup juga menyempatkan diri melakukan dialog dan tatap muka dengan para petani setempat. Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan gudang yang nantinya untuk menampung hasil produksi jagung. Kemudian Wabup juga melihat persiapan pasar murah di SP3 Kecamatan Kapuas Murung.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda