Kamis, 10 Maret 2011

PIDATO PERTANGGUNGJAWABAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2010


E-mail Cetak PDF
lpj_webKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi secara resmi menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir tahun anggaran 2010 dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kapuas, Kamis (10/3) pagi.

Kegiatan ini bertepatan dengan acara Peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas  sekaligus mengakhiri tahun      anggaran 2010, dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang hasil penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam kurun waktu satu tahun anggaran.

Ada yang menarik dalam prosesi sidang paripurna kali ini. Sebab seluruh pejabat Pemkab Kapuas mengenakan pakaian adat lengkap dengan topinya. Begitu pula anggota dewan Kabupaten Kapuas.
Rapat paripurna sendiri dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Robert L Gerung berserta dua wakil DPRD. Kemudian hadir pula Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan serta seluruh unsur Muspida Kabupaten Kapuas.

Dalam pidato setebal 87 halaman itu, Bupati menjelaskan proses penyusunan LKPJ tahun anggaran 2010 berdasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Tentunya dengan berpedoman pada rencana pembangunan jangka panjang daerah disertai dengan menguraikan arah kebijaksanaan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi dan tugas pembantuan serta tugas umum pemerintahan.

”Dalam laporan tersebut,  juga  memuat visi, misi, strategi, kebijakan dan prioritas pembangunan daerah serta produk unggulan daerah,” kata Mawardi kala itu.

Lebih lanjut dikatakan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, secara umum telah berupaya untuk  berpedoman  pada prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance), dengan berlandaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor      58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Sampai dengan akhir bulan desember tahun anggaran 2010 realisasi secara keseluruhan pendapatan daerah adalah sebesar Rp735.603.571.524,34,- atau 102,08 persen dari target yang direncanakan sebesar Rp720.581.235.428,04,-.

Jika dibandingkan dengan tahun 2009, pendapatan daerah Kabupaten Kapuas pada tahun 2010 mengalami peningkatan sebesar Rp 62.777.269.530,07,- atau 1,09 persen dari tahun 2009.
“Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan selama ini pada dasarnya adalah berkat usaha dan  kerja  keras  segenap  unsur pemerintah baik sipil maupun TNI/Polri dan berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat, kekuatan sosial politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Kapuas,” terangnya.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan secara khusus ucapan terima kasih dan penghargaan kepada yang terhormat ketua, wakil-wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas, yang telah memberikan dukungan, kerjasama dan saran, yang sangat bermanfaat dalam membangun daerah yang kita cintai ini.

“Saya menyadari sebagai manusia kita tidak pernah terlepas dari kelemahan dan kekurangan, bahwa banyak keinginan dan harapan masyarakat kabupaten kapuas yang belum terpenuhi dikarenakan kondisi dan keterbatasan yang kita miliki,” ungkapnya.

Walaupun demikian Bupati selalu merasa optimis dan penuh harapan bahwa dengan kebersamaan, kedisiplinan dan ketaqwaan  kepada  Tuhan Yang Maha Esa,  maka mampu melangkah kearah yang lebih baik lagi pada tahun-tahun yang akan datang. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda