Jumat, 16 April 2010

DEWAN SETUJUI LKPJ BUPATI KAPUAS


setuju_web_okKUALA KAPUAS – DPRD Kabupaten Kapuas menyetujui Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Kapuas Tahun 2009 yang telah disampaikan pada saat Sidang Paripurna DPRD Tanggal 17 Maret lalu.
Hal ini terungkap saat Rapat Paripurna Istimewa dengan Agenda Penandatanganan Surat Keputusan DPRD serta Penandatangan Berita Acara Penyerahan Surat Keputusan DPRD Kepada Bupati Kapuas Terhadap LKPJ Tahun 2009, Kamis (15/4) pagi.
Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Robert Gerung juga ditandai dengan menyerahkan berita acara dimaksud kepada Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas HM Mawardi yang dibacakan oleh Wakil Bupati Suraria Nahan menjelaskan LKPJ kepada daerah tahun anggaran secara subtansial berisi lima hal. Yakni arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro termasuk pendapatan dan belanja daerah.

Kemudian penyelanggaraan urusan desentralisasi, penyelanggaraan tugas pembantuan dan penyelanggaraan tugas umum pemerintahan selama kurun waktu satu tahun.

Tujuan penyampaian LKPJ kepala daerah pada dasarnya merupakan bentuk akuntabilitas formal dari pemda terhadap penyelanggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat dalam satu kurun waktu tertentu.

“Disamping itu, penyampaian LKPJ juga dimaksudkan sebagai progress report sekaligus sebagai bahan masukan bagi DPRD dalam rangka pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemda sebagai manifestasi dari fungsi kontrol yang dilaksanakan oleh DPRD,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada unsur pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang telah melakukan penilaian dan evaluasi terhadap LKPJ.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada segenap komponen masyarakat, baik aparat pemda, TNI/Polri, Lembaga Yudikatif, pengusaha, LSM, pers, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan atas partisipasi dan dukungan dalam membangun daerah ini. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda