Sabtu, 20 November 2010

GERAKAN TANAM PADI MENINGKATKAN PRODUKSI PANGAN


TANAM_WEBKUALA KAPUAS – Gerakan tanam padi untuk meningkatkan luas areal tanam memalui pemanfaatan lahan secara maksimal dalam musim tanam Oktober Maret (Okmar) sebagai upaya meningkatkan produksi pangan.
Demikian disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM , pada Gerakan Tanam Padi  musim tanam Okmar 2010/2011, Sabtu (20/11) di Desa Sei. Kayu Kecamatan Kapuas Barat.
Gerakan tanam padi diharapkan HM Mawardi tidak hanya pada wilayah Desa Sei.Kayu, tetapi dapat direalisasikan secara merata pada seluruh wilayah Kecamatan yang potensial.
Keberadaan Kabupaten Kapuas sebagai salah satu sentra produksi padi, dituntut untuk dapat berperan dalam upaya yang lebih besar dan berkelanjutan terhadap peningkatan produksi .
Mari bersama-sama terus berusaha untuk mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi, karena tugas kita masih panjang berkaitaan dengan terget produksi padi sebesar 500.000 ton pada Tahun 2013, harapan ini bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, ungkap HM Mawardi.
Karena dari dukungan sumberdaya alam, masih tersedia lahan potensial yang cukup luas untuk tanaman padi , dan sangat disayangkan apabila tidak dikembangkan pemanfaatannya. “ Dengan pertanian maju, rakyatnya akan sejahtera “ terang HM Mawardi.
Selain komoditas padi, HM Mawardi menginginkan kepada masyarakat setempat , agar  dapat pula mengembangkan pembangunan sektor peikanan, peternakan  perkebunan serta palawija dan sayuran, yang mempunyai nilai ekonomi yang dapat memberikan kontribusi perekonomian keluarga.
Kepada petugas lapangan ia minta untuk lebih mengintensifkan pembinaan melalui penyuluhan secara rutin dan terjadwal.
Dengan penyuluhan kepada petani diharapkan dapat mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang timbul seperti hama dan penyakit tanaman.
Memberikan motivasi untuk melaksanakan perubahan , misalnya untuk mengoptimalkan lahan dari satu kali tanam menjadi 2 kali tanam dalam setahun. “ Manfaatkan  lahan terlantar  menjadi lahan produksi pertanian dalam arti luas”, harap HM Mawardi.
Pada kesempatan itu Bupati Kapuas HM Mawardi dan Asral Maskuri dari Bank Indonesia Palangka Raya menyerahkan secara simbolis bantuan hand tractor kepada kelompok tani dan Fauzan  dari Bulog Kapuas menyerahkan power thresser .
Gerakan taman padi ,  ditandai dengan penanaman padi oleh  Bupati HM Mawardi , Wakil Ketua DPRD Mahmud Iip Syafrudin,S.IP dan  Unsur Muspida ,  di lahan masyarakat milik Sukah C.Daman.
HM Mawardi juga berkesempatan berdialog/tanya jawab dengan para petani, penyuluh pertanian dan masyarakat setempat, yang berlangsung penuh  akrab dan kekeluargaan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda