Sabtu, 20 Oktober 2012

KERIPIK KELAKAI KAPUAS DIJADIKAN OLEH-OLEH TAMU HPS


PALANGKA RAYA – Oleh-oleh khas dari Kabupaten Kapuas Keripik Kelakai (tanaman paku-pakuan) dijadikan oleh-oleh untuk para tamu dan undangan dari seluruh nusantara yang menghadiri puncak acara  Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-32 di Palangka Raya.
” Ibu Gubernur Kalteng Moenarting Teras Narang telah memesan 2.000 bungkus Kripik Kelakai untuk oleh-oleh para tamu dan undangan dari seluruh nusantara yang hadir di Palangka Raya pada acara puncak HPN”, terang Sekda Kapuas Drs H Nurul Edy MSi di stand Pameran Pemkab Kapuas, di Palangka Raya, Kamis (18/10).
Selanjutnya Nurul Edy menjelaskan,  oleh-oleh khas Kabupaten Kapuas Keripik Kelakai merupakan salah satu produksi Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Koperasi Serba Usaha (KSU) Flamboyan 108, binaan Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kapuas.
Yang tidak kalah menariknya dari stand Pemkab Kapuas adalah memberikan makanan dan minuman gratis kepada pengunjung pameran  di Komplek Pameran Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya.
Makanan yang banyak di minati pengunjung diantaranya, tape singkong  dan ketan dari Anserdam ( Anjir Serapat Dalam), minuman juice mangga, tutur Sekda Nurul Edy.
Hasil aneka pangan dari Kabupaten Kapuas yang dipamerkan dan jual antara lain, kerpik pisang manis, keripik singkong, stek wolter, renginang, keripik jahe, instan jehe.
Kemudian aneka olahan hasil perikanan seperti, bakso ikan patin, bakso lele, naget ikan, aneka olahan krupuk, dendeng ikan ,  aneka abon dan kerpuk ikan .tape_web
Juga di dipamerkan dan dijual  produk-produk sovenir adalan Kabupaten Kapuas yang sudah di kenal di nusantara dan manca negara , diantaranya aneka kerajinan yang terbuat dari bahan getah nyatu”, tambah Nurul Edy.
Untuk hari pertama stand Pemkab Kapuas meberikan  makanan  dan sajian gratis yaitu, tape singkong dan ketan dari Anserdan , singkong rebus  dan jagung rebus dari Basarang, juice mangga dan belimbing.  Sedangkan pada hari terakhir menyajikan bakso patin.
Pameran HPS  ini mengakat  tema “ Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan”, berlangssung 18 – 21 Oktober 2012, tambah Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Humas dan Protokol Setda Kapuas Sapto Subagio.
Puncak acara HPS ke-32 dihadiri Wakil Presiden RI Boediono ,tambahnya. (Humas).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda