Minggu, 07 Maret 2010

BUKU PANDUAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA ALTERNATIF DIBAHAS


bosfKUALA KAPUAS – Buku panduan perencanaan pembangunan desa partisipatif diharapkan menjadi bahan akademis atau sebagai referensi untuk dibuatnya perda Kabupaten Kapuas tentang perencanaan pembangunan desa partisifatif.
 
Hal ini dikatakan Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kapuas Drs Djohansyah saat membuka pertemuan Konsultasi Buku Panduan Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif di Aula Kantor Bappeda, Sabtu (6/3) pagi.

Menurut Bupati pertemuan ini dilatarbelakangi hasil rekomendasi dan rencana tindak lanjut dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2009 lalu. Salah satu hasil rekomendasi adalah Kabupaten Kapuas belum memiliki pedoman buku untuk pelaksanaan perencanaan pembangunan desa partisipatif.

“Berdasarkan hal itulah, maka digagaskan adanya pembuatan sebuah buku panduan perencanaan pembangunan desa partisipatif untuk Kabupaten Kapuas oleh BPMD bersama PNPM, Bosf, Mawas, Sluices Project, Yayasan Tahanjung Tarung serta instansi teknis terkait,” kata Bupati.

Lebih jauh diungkapkan perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. Sementara perencanaan desa diartikan sebagai tindakan masa depan yang tepat yang dilakukan oleh kesatuan masyarakat hukum dalam batas-batas wilayah yang menjadi kewenangannya.

Pada kesempatan itu Bupati berharap tujuan dan manfaat konsultasi buku ini dapat terwujud dalam rangka membangun peran serta semua pihak untuk mensukseskan pembangunan seluruh desa pada tahun 2010 melalui adanya RPJM desa.

Diharapkan pula dengan kegiatan ini pelaksanaan program kerja semua pihak di kabupaten semakin mantap dan efektif sehingga tujuan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang aman, maju, mandiri, sejahtera dan tanguh dapat terwujud.
Tampak hadir dalam pembukaan Kepala BPMD Kabupaten Kapuas Ferly Sangen dan Kepala Bappeda Herson B Aden serta perwakilan dari Sluices Project. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda