Selasa, 20 April 2010

JEMBATAN TIMPAH KAPUAS DIRESMIKAN


timpah_jemKUALA KAPUAS – Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang meresmikan Jembatan Timpah yang terletak di Kabupaten Kapuas, Sabtu (17/4) pagi. Peresmian ditandai dengan pemencetan tombol sirena yang dilakukan Gubernur, Wakil Gubernur Achmad Diran, Ketua DPRD Kalteng serta Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan.

Jembatan yang terletak di Sungai Kapuas ini menelan dana Rp61.352.429.000,- yang merupakan sharing dana APBD Kalteng 83,66 persen dan APBN 16,34 persen. Pembangunan jembatan sepanjang 225 meter ini diperkirakan memiliki umur rencana 50 tahun.

Dengan tersambungnya jembatan ini berarti telah terdapat tiga jembatan besar yang tersambung yakni Sungai Mangkutup, Sungai Murui dan Sungai Kapuas.  “Selesainya tiga jembatan yang terletak di ruas jalan Palangka Raya menuju Buntok dapat memperlancar arus barang dan jasa khususnya di wilayah Barito,” kata Kepala PU Kalteng, Ben Brahim.

Rencanya satu jembatan lagi dengan panjang bentang 620 meter yakni Jembatan Barito Kalahien sesuai rencana akan selesai tahun 2010. Sebelumnya  untuk menuju wilayah Barito, warga Kalteng harus menempuh 600 km dengan melewati Provinsi tetangga Kalsel. Tapi sekarang cukup menempuh jarak 197 km. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda