Jumat, 21 Mei 2010

HARDIKNAS DAN HARKITNAS DIPERINGATI BERSAMAAN


hardiknas_webKUALA KAPUAS – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati dalam upacara bendera yang dipimpin oleh inspektur upacara Sekda Kapuas Nurul Edy, Kamis (20/5) pagi. Kegiatan dipusakan di halaman Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Km 5,5 Kota Kuala Kapuas.

Peserta upacara tak hanya berasal dari PNS, TNI/Polri tapi juga para pelajar, mulai tingkat SD hingga SLTA.  Saat upacara berlangsung juga dibacakan teks Pancasila dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Kemudian juga ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan Paskibraka.

Dalam amanat Menteri Nasional RI Mohamad Nuh yang dibacakan oleh Sekda Kapuas Nurul Edy disebutkan tanggal 2 Mei merupakan hari yang mempunyai makna bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Hardiknas bukan hanya mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara tapi juga merupakan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita capai.

Tantangan pendidikan ke depan tidak pernah akan surut, namun tidak berarti semangat untuk meningkatkan perluasan mutu pendidikan akan surut, tapi justru lebih memompa semangat. Tantangan pendidikan yang semakin dinamis dan kompleks perlu dihadapi dengan strategi kebijakan pendidikan yang lebih menyeluruh dan sisitimatis.

Adapun tema Hardiknas Tahun 2010 adalah pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa. Pemilihan tema ini menjadi tepat karena sesuai dengan perkembangan dan perubahan aspirasi masyarakat yang sangat dinamis.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dalam sambutan Harkitnas mengatakan peringatan Harkitnas tahun ini adalah dengan semangat kebangkitan nasional kita tingkatkan ketahanan masyarakat dalam kerangka NKRI.

Ketahanan masyarakat pada dasarnya merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan ketahanan bangsa. Ketahanan bangsa sangat ditentukan oleh kekuatan karakter kebangsaan masyarakatnya. Pembangunan karekter bangsa memiliki urgensi yang sangat luas dan bersifat multi dimensional dan multi aspek.

Multi dimensi karena mencakup potensi – potensi keungulan bangsa. Oleh sebab itu pembangunan karekter bangsa setidaknya diarahkan untuk empat tataran besar. Pertama menjaga jati diri bangsa. Kedua menjaga keutuhan NKRI, membentuk masyarakat yang berakhul mulia dan terakhir membentuk yang maju, mandiri dan bermartabat.

Usai upara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah berupa tropi dan piagam penghargaan kepada siswa dan siswi berprestasi. Mulai dari TK, SD, SMP dan SLTA. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Sekda Kapuas. (*)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda