Sabtu, 25 Desember 2010

BUPATI BANTU PEMBANGUNAN MASJID AL IKHLAS Rp50 JUTA

IKHLAS_WEB

KUALA KAPUAS – Safari Jumat Bupati Kapuas HM Mawardi kembali berlanjut, Jumat (24/12) siang. Kali ini Masjid Al Ikhlas di Kompleks Pasar Besar Jalan Melati yang dikunjungi Bupati. Disini Bupati bersama jamaah lainnya melaksanakan Sholat Jumat berjamaah yang diiimami oleh KH Abdul Muthalib.

Usai pelaksanakan Sholat Jumat berjamaah dilanjutkan dengan pertemuan dan silahturahmi bersama dengan pengurus masjid dan masyarakat sekitar. Pada kesempatan itu pengurus Masjid Al Ikhlas Drs H Muhidin MH menjelaskan sejarah singkat masjid.

Menurut Muhidin dulunya masjid ini hanya berupa langgar atau mushola yang didirikan pada tanggal 18 Agustus 1984. Namun satu tahun kemudian bangunan langgar diperluas dan dijadikan masjid. “Hal ini dikarenakan banyaknya jamaah yang ada, apalagi letaknya berada di dekat pasar,” terang Muhidin.

Namun pada tahun 1993 terjadi kebakaran hebat di kompleks pasar yang menyebabkan masjid terbakar. Setelah itu dengan swadaya masyarakat dan kembali dibangun masjid. Selanjutnya dilakukan renovasi atas bantuan masyarakat dan pemerintah.

“Seperti yang kita lihat saat ini kondisi masjid masih belum selesai dan telah menelan dana sekitar Rp2 miliar. Untuk menyelesaikannya masih dibutuhkan lagi dana sekitar Rp1,5 miliar dengan total Rp3,5 miliar,” terangnya.

Sementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutannya mengatakan kedatangan dirinya ke masjid ini untuk bersilahturami dengan masyarakat sekaligus menyerahkan bantuan. Besarnya bantuan yang diserahkan Bupati senilai Rp50 juta.

“Saya berharap bantuan ini dapat dmanfaatkan untuk memperlancar pembangunan masjid sehingga bangunan masjid dapat segera diselesaikan,” kata Bupati. Diungkapkan Mawardi sebenarnya dirinya ingin ke Masjid ini pada minggu lalu.

Namun karena ada perjalanan dinas ke luar daerah mendampingi Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran makanya batal berkunjung ke Masjid Al Ikhlas. “Saya mohon maaf karena sebelumnya ingin kesini tapi ada tugas dinas,” ungkapnya.

Mudah-mudahan dengan meningatnya fasilitas rumah ibadah/Masjid , makasemakin meningkat pula ibadah-ibadah kaum muslimin dan muslimat,harapnya.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengajak umat muslim untuk terus meningkatkan amal ibadah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sebab, kata Bupati jika kita sudah meninggal hanya amal ibadah saja yang akan menemani di akherat.

“Mari kita juga terus membina kerukunan antara umat beragama. Kemudian yang tak kalah pentingnya juga membina kerukunan antara pemerintah, ulama dan masyarakat,” tukasnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh bendahara masjid H Abdul Halim. Tampak pula menyaksikan acara tersebut , Staf Ahli Bupati Ir Issak Basseri, Ketua FKUB Kapuas Masyumi Rifai, Ketua NU Nurani Sarji,Ketua STAI Nafiah Ibnor, serta Ketua MUI KH Abdul Mutahlib dan Camat Selat Yusransyah.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda