Minggu, 26 Desember 2010

TAHUN BARU ISLAM SARANA INTROSPEKSI DIRI

HIJRIAH_WEB

KUALA KAPUAS – Inti dari pelaksanaan peringatan Tahun Baru Islam adalah sebagai sarana introspeksi diri, untuk selalu mengingat Allah SWT dan sebagai sarana menjalin kesatuan umat, toleransi dalam upaya keharmonisan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM pada peringatan Tahun Baru Islam 1432 H/2010 M, yang digelar Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) Kabupaten Kapuas, Jum’at (24/12) malam di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas.

HM Mawardi menyambut baik prakarsa FUI Kapuas menyelenggarakan peringatan Tahun Islam 1432 Hijirah,yang selalu mendatangkan semangat baru bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah dan amal shaleh guna kemaslahatan umat, bangsa dan negara.

Tahun baru Islam dimulai dari peristiwa hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah dan ini merupakan titik awal pembentukan masyarakat Islam , membangun umat yang beriman, bertaqwa, bersaudara, saling menolong , bergotong royong dan hidup berdampingan secara rukun dan damai dengan umat beragama lainnya, ungkap HM Mawardi.

Dapat diambil suatu hikmah pelajaran makna hakiki dalam nuansa peringatan Tahun Baru Islam 1432 H, dimana dapat direnungkan kembali pengorbanan apa yang telah kita berikan demi kemajuan daerah Kabupaten kapuas yang kita cintai ini, terangnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua FUI Drs H Masyumu Rifai,MAP mengatakan, peringatan Tahun baru hijriah ini merupakan rangkaian program kerja FUI Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan tahun 2010, disamping kegiatan-kegiatan lainnya.

Dengan Tahun baru Islam ini akan lebih mempererat pesaudaraan dalam Islam guna bersama – sama menanggulagi da menghadapi tantangan yang semakin berat, seiring dengan kemajuan zaman dan peradaban manusia dibidang pengetahuan, teknologi dan kehidupan, terang Masyumi .

Tema yang diangkat adalah “ Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1432 H, Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, Imtaq serta Ilmu dan Amaliyah Demi Terwujudnya Kabupaten Kapuas Yang Amanah “.

Sementara itu penceramah KH Husein Nafarin LC MA dari Banjarmasin dalam ceramahnya mengangkat judul tentang “ Pencerahan Jiwa “.

Isi dan penyampaian ceramah agama yang disampaikan KH Husein Nafarin mendapat sambutan antusias dari kaum muslimin dan muslimat.

Penyampaian ceramah agama tersebut menggunakan layar lebar serta didukung sound system yang memadai.

Dihadiri Wakil Ketua DPRD Kapuas Mahmud Iip Syafrudin,S.IP, Unsur Muspida , Asisten Administrasi Umum Drs Johansyah, Kepala SKPD, Ketua MUI KH Abdul Muthalib, Alim Ulama, dan sejumlah kaum muslimin dan muslimat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda