Sabtu, 26 Maret 2011

BUPATI TERLIBAT PERANG LALUHAN, PEJABAT SALING SERANG


E-mail Cetak PDF
luluhan_mantapKUALA KAPUAS – Bupati Kapuas HM Mawardi bersama Ketua DPRD Robert L Gerung, Kajari Kapuas Saifudin Tagamal terlibat perang laluhan dengan Kapolres Kapuas Wisnu Putra dan Ketua Pegadilan Negeri Wahyu Setia serta Wakil Ketua DPRD Iif Sarifudin, Jumat (25/3) sore.
Perang menggunakan batang suli ini berlangsung seru. Apalagi masyarakat juga ikut terlibat di dalam perang luluhan yang digelar setiap peringatan HUT Kota Kuala Kapuas ke 205 dan Pemkab Kapuas ke 60. Kegiatan sendiri mengambil tempat di Pelabuhan Danau Mare Kota Kuala Kapuas.
Aturan perang ini dipandu oleh seorang mantir adat yang menjelaskan aturan permainan. Dalam permainan ini rombongan Kapolres Kapuas, Ketua PN, Wakil Ketua DPRD Mahmud dan Kasrem 1011/Klk Mayor Cepep menaiki kapal fery.
Sementara itu Bupati beserta rombongan lainnya menunggu ditepi Pelabuhan Danau Mare. Setelah kapal fery berputar sebanyak 3 kali, perang pun mulai ditabuh. Ratusan batang suli melayang ke udara. Sasarannya tentu dari kedua belah pihak yang salaing berhadapan.
Menariknya wisata budaya ini mampu menyedot perhatian ribuan pengunjung yang memadati lokasi kegiatan. Perang ini layaknya perang sungguhan, apalagi masing-masing peserta mengenakan baju adat langkap dengan topi laung di kepala.
Perang Lalaluhan, begitulah warga setempat menyebut kegiatan tersebut. Perang lalaluhan memang layaknya perang sungguhan, tetapi senjata yang dipergunakan bukan senjata sungguhan, akan tetapi senjata yang dipergunakan yakni batang suli yang pada bagian ujungnya sudah ditumpulkan dan batang suli itu dijadikan sebagai tombak.
Setelah bertempur sekitar 10 menit akhirnya perang dihentikan. ”Berhenti-behenti, perang telah usai,” kata pemandu kegiatan Athir Menteng yang dalam kesehariannya dipercaya sebagai Kasubag Protokol Setda Kapuas ini.
Sementara itu Bupati Kapuas HM Mawardi mengaku puas dengan kegiatan yang digelar ini. Didampingi istri tercinta Ny aHj Aliyah dirinya mengucapkan rasa syukur karena seluruh rangkaian Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemkab Kapuas berjalan dengan lancar dan aman. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda