Kamis, 24 Maret 2011

PEMPROV KALTENG PUJI KEBERHASILAN KAPUAS


E-mail Cetak PDF
tumpeng_webKUALA KAPUAS – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam membangun daerah ternyata mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Provisi Kalteng. Buktinya pada saat puncak Upacara Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 205 dan Hari Jadi Pemkab Kapuas ke 60, mendapat pujian dari Pemprov Kalteng.
Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (24/3) pagi ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran sebagai inspektur upacara. Disamping itu tampak pula Bupati Kapuas HM Mawardi, Kapolda Kalteng Brigjen Damianus Jakie, para Bupati dan Wakil Bupati se Kalteng.
Dalam amanatnya Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran menyebutkan Pemprov Kalteng menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Kabupaten Kapuas sebagai salah satu percontohan  kawasan minapolitan tahun 2011 di tanah air.
Hal ini menunjukan bahwa Kabupaten Kapuas mampu mengembangkan dan meningkatkan produktifitas ikan. Sampai akhir tahun 2010, produksi perikanan sebanyak  14.287,39 ton dengan kenaikan rata-rata per tahun di atas 10 persen.
Sehingga tujuan percontohan kawasan minapolitan budidaya dalam rangka mendorong percepatan pengembangan wilayah dengan kegiatan perikanan sebagai kegiatan utama dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu Gubernur juga memuji keberhasilan Kapuas menjadi lumbung padi di Kalteng, bahkan dari data yang ada produksi pertanian khusus padi selalu meningkat dan tahun 2010 mencapai 340.000 ton. Disamping itu Kabupaten Kapuas juga menjadi salah satu tempat lokasi pembuatan Pelabuhan Batanjung.
“Selanjutnya saya juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah, merupakan dua sisi kegiatan yang saling berhubungan satu sama lainm,” katanya.
Performa pembangunan di daerah, sesungguhnya merupakan cerminan atas performa penyelenggaraan pemerintahan, begitu sebaliknya.  Karena itu, kedepan perlu melakukan langkah-langkah konsolidasi terhadap cara berfikir seperti ini dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di daerah.
“Saya berharap peringatan ini, tidak sekedar seremonial yang hampa makna, tapi justru harus dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi dan intropeksi terhadap kinerja pembangunan daerah selama ini,” ungkapnya.
Banyak agenda-agenda yang telah berhasil diwujudkan. Jika kita mau berkata jujur disamping adanya berbagai keerhasilan da kemajuan di tahun 2010, sesungguhnya masih terdapat persoalan–persoalan yang belum sepenuhnya dapat dicarikan solusinya.
Semua kendala dan masalah tersebut menjadi catatan semata, tetapi yang paling penting adalah bagaimana agar peringatan ini dapat menjadi momentum untuk lebih dapat memantapkan konsep pembangunan Kabupaten Kapuas ke depan.
Tentunya dengan meletakan sendi-sendi yang kokoh dan kuat serta mengeratkan simpul-simpul persatuan, kebersamaan dan kerukunan diantara seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kapuas. Demikian seluruh elemen yang ada dapat duduk bersama guna mencarikan jalan yang terbaik untuk terus melaksanakan pembangunan daerah secara berkesinambungan.
Pada puncak upacara juga diisi dengan atraksi tarian daerah yang dibawakan oleh pelajar dan anak-anak sekolah dasar yang ada di Kota Kuala Kapuas. Kemudian juga digelar atraksi drumband Bahana Gita Praja yang merupakan binaan TP PKK Kabupaten Kapuas.
Usai kegiatan upacara kemudian diisi dengan syukuran  bersama Bupati Kapuas yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati. Disini para undangan dijamu makan siang. “Saya mengajak kepada semua komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kapuas yang Amanah                (Aman, Maju, Mandiri, Sejahtera dan Tangguh),” kata Bupati Kapuas HM Mawardi saat syukuran tersebut.
Bahkan Bupati juga meminta momentum hari jadi ini untuk merefleksikan apa yang sudah dan belum dilaksanakan dalam pembangunan. Sebab tanpa keterlibatan semua pihak mustahil apa yang ingin dicapai dapat terwujud, terlebih kehadiran investor juga diharapkan dapat mendorong investasi dalam pembangunan.
Acara syukuran ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati Kapuas beserta                  Ny Hj Aliyah Mawardi, selanjutnya nasi tumpeng diserahkan kepada Wakil Gubernur Kalteng dan beserta Ny Hj Nani Winarni A Diran. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda