Senin, 21 Maret 2011

PERENCANAAN TOLAK UKUR PELAYAN PUBLIK


E-mail Cetak PDF
musrenbang_kabKUALA KAPUAS - Perencanaan pembangunan yang efisien dan efektif menjadi tolak ukur akuntabilitas, profesionalisme dan bobot pelayan publik dewasa ini.
Sebab, perencanaan pembangunan yang tidak efesien dan efektif akan menimbulkan pencitraan yang “negatif” terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah. Disinilah, hakekat dan arti penting dari musrenbang.
Demikian disampaikan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan saat membuka Musrenbang Kabupaten Kapuas di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Senin (21/3) pagi.
Menurutnya Musrenbang bukan saja sebagai agenda rutin tahunan untuk mengkalkulasikan besar-kecilnya anggaran karena besar-kecilnya anggaran bukan tolak ukur suksesnya perencanaan akan tetapi yang lebih penting adalah seberapa besar efek, nilai dan manfaat dari perencanaan tersebut bagi masyarakat. Di sanalah, cerminan kualitas dan integritas diukur.
“Dengan memperhatikan dokumen perencanaan jangka menengah baik secara nasional dan provinsi maka   prioritas pembangunan pada tahun 2012 masih fokus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan dan memperluas lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan mendukung terciptanya keadaan lingkungan yang lebih baik,” terangnya.
Dengan demikian secara substansial prioritas pembangunan tersebut sejalan dengan visi, misi dan prioritas pembangunan jangka menengah daerah dan prioritas pembangunan Kabupaten Kapuas pada tahun 2012.
Sementara itu Kepala Bappeda Kapuas Herson B Aden dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabid Pengendalian dan Statistik Yan Hendri Ale mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan dengan arak kebijakan pembangunan provinsi.
Kemudian untuk mengklarifikasi program yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemda Kapuas pada Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan. Selanjutnya mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten Kapuas.
Adapun para narasumber dan peserta  SKPD Provinsi Kalteng yang terkait. Kemudian dari Kepala SKPD Pemkab Kapuas, para Asisten, Ketua DPRD, Staf Ahli Bupati, Tokoh Masyarakat, LSM dan Ormas serta perguruan tinggi.
“Kegiatan juga diisu dengan diskusi dan tanya jawab serta perumusan berita acara Musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas Tahun 2012 serta ditutup dengan stressing dari Wakil Bupati Kapuas,” ungkapnya. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda