Kamis, 10 Maret 2011

SWASTA DIIMBAU BANTU SENI BUDAYA

PDF
budaya_webKUALA KAPUAS – Kepada para pejabat daerah, BUMN, BUMD , dan pihak swasta di himbau agar dapat membantu pembinaan seni budaya , dengan dukungan sebagian kecil dari finansial yang didapat dari bumi Kapuas ini. Berpijak pada   semboyan “ Dimana Bumi Dipijak , Disitu Langsit Di junjung”.
Demikian sambutan tertulis Bupati Kapuas Ir HM Mawardi MM dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs H Zahirsyah Rofieq S Hut, pada pembukaan Festival Seni Budaya Daerah Isen Mulang Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas, di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas, Rabu (9/3) malam.
“ Himbauan ini saya sampaikan , sebab sejauh ini masih minim perhatian dan tanggung jawab kita untuk mendukung seni budaya sendiri “ ungkap HM Mawardi.
Seni itu “ mahal “ , dan tidak ternilai dengan “finansial”, sebagai pelaku seni mereka sudah berupaya dengan kerja keras , dengan daya mereka sendiri , untuk itu Bupati HM Mawardi  menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kemauan mereka untuk melestarikan seni budaya daerah.
Untuk membentengi generasi penerus dari krisis moral dan budaya, salah satu upaya Pemerintah adalah melalui kegiatan festival seni budaya seperti ini, agar meraka siap menjadi manusia modern namun tetap berkepribadian Indonesia , yang cinta terhadap budaya dan bangsanya.
Menurut Ketua Panitia Drs Inar M.H, festival seni budaya daerah tingang menteng panunjung tarung digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-205 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas Ke-60. Diikuti  kelompok tari dan kerungut, berlangsung tanggal 9 – 13 Maret 2011.
Materi yang dilombakan, tari tradisional daerah yang terdiri dari tari tradisional , garapan, tari garapan baru, dan karungut putra putri.
Pembukaan festival seni budaya daerah  itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Zahirsyah Rofieq. Dihadiri kepala SKPD,  tokoh seni budaya dan sejumlah undangan lainnya. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda