Minggu, 10 April 2011

CINA AKAN BANGUN PABRIK MOBIL DI BATANJUNG


CINA_WEBKUALA KAPUAS – Dengan dimulainya pembangunan pelabuhan laut Batanjung dI Kecamatan Kapuas Kuala tahun ini , menjadikan daya tarik  tersendiri bagi investor  asing yang akan mengembangkan usahanya di tempat tersebut.
Terbukti tim pendahuluan investor dari negara Cina  yang bergerak dalam bidang  industri  mobil Hyundai telah melakukan peninjauan lapangan di sekitar pembangunan pelabuhan laut Batanjung, Sabtu (9/4).
Tim dari Cina itu  adalah Mr Wang Xuebing Eksekutif Direktur Ever Rise Internasional Investment Corporaton Limed, Mr Cris Liu dan Mr Liu Yong Wei , mereka  didampingi Kepala Bappeda Kalteng Ir Syahrin Daulay M Eng Sc, Kepala  Bappeda Kapuas Ir Herson B Aden MSi, Plt Kadishubkominfo Drs Ahmad Sofian, Kadis Pertambangan Ir Krin Prihatin dan sejumlah pejabat tehnis lainnya.
Mr Wang Xuebing menjelaskan, rencana pembangunan industri pabrik mobil di Batanjung sebagai langkah antisipasi paket Asean dari Bejing otomotif.
Perusahaan mobil   Hyundai  sebagian sahamnya ada di Cina . Langkah selanjutnya,   kata Mr Wang Xuebing, dari Bejing otomotif group akan mempimpin langsung untuk datang ke Kalteng , guna pembicaraan lebih mendalam  rencana pembangunan pabrik mobil hyundai di Batanjung  dan meninjau lokasi pembangunan.
Kawasan pabrik industri mobil hyundai di Batanjung nantinya  dapat dijadikan kawasan industri terpadu, disamping itu untuk mengantisipasi pasar industri otomotif  di  negara Asean sampai ke negara Amerika Latin, karena  Desa Batanjung ini letaknya sangat strategis dan menguntungkan , yaitu di tengah-tengah, “ lebih baik kita mengambil untuk mengantisipasi pasar ke negara New Zealand, Australia maupun negara di Asia Pasifik “, ungkap Wang Xuebing.
Dipilihnya Kalteng karena dinilai Wang Xuebing, Bapak Gubernur Kalteng memberikan beberapa kemudahan , “ disisi lain kita ingin membantu warga Kalteng dalam rangka  menciptakan tenaga kerja yang terampil, jelasnya.
Pada kesempatan yang sama Kepala Bappeda Kalteng Syahrin Daulay menjelaskan ,  pembangunan pelabuhan laut batanjung sangat strategis dalam rangka mendukung pengembangan wilayah di Provinsi Kalteng, khususnya di daerah  wilayah Kalteng bagian timur dan selatan.
“ Dan sekitar pertengahan bulan Mei nanti ,  akan datang  lagi ke Kalteng rombongan investor yang lebih besar didampingi  pejabat negara Cina ”, jelas Syahrin Daulay.
Sementara itu Kepala Bappeda Kapuas Herson B Aden yang juga Ketua percepatan pembangunan pelabuhan Batanjung mengungkapkan, pembangunan pelabuhan laut  Batanjung bukan hanya mimpi lagi, tetapi sudah menjadi kenyataan.
“ Pembangunan sudah dimulai , saat ini  telah datangnya tiang-tiang pancang di lokasi pembangunan, ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua “, jelas Herson.
Pelabuhan Batanjung yang didukung dengan kawasan industri diharapkan  mitra-mitra dari negara-negara lain dapat mengembangkan usahanya disini, seperti Cina akan mengembangkan industri otomotif, katanya (Humas).

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda