Rabu, 30 Maret 2011

JELANG KEMARAU, BUPATI INGATKAN BAHAYA KEBAKARAN


latiha_webKUALA KAPUAS – Memasuki musim kemarau, Bupati Kapuas HM Mawardi mengingatkan akan bahaya  kebakaran, baik itu kebakaran hutan, lahan maupun pemukiman. Maka dari itu diperlukan kesadaran semua pihak untuk dapat mengantisifasinya.
Penegasan ini disampaikan oleh Bupati Kapuas HM Mawardi saat membuka Kegiatan Koordinasi dan Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Aula Kantor KesbangPol dan Linmas, Rabu (30/3) pagi.
Bupati menilai saat ini, perhatian masyarakat selama ini terhadap penanganan kebakaran pada lingkungan strategis (pasar), pertokoan atau perumahan sudah berjalan dengan baik dan maksimal.
Namun terhadap kebakaran hutan dan lahan sangat kurang, karena itu melalui koordinasi dan pelatihan ini dapat meningkatkan peran aktif peserta dalam upaya pencegahan dan penangulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang mampu menyebarkannya kepada masyarakat.
“Kepada para pengurus dan jajaran anggota pemadam kebakaran agar dapat menjaga, memelihara sarana pemadam kebakaran yang di bantu oleh pemerintah daerah,” kata Mawardi.
Disamping itu anggota pemadan kebakaran juga diharapkan dapat memamfaatkan peralatan yang dimiliki untuk membantu masyarakat dalam upaya menanggulangi bahaya kebakaran, baik itu kebakaran lingkungan perumahan, lahan maupun kebakaran hutan.
Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kesbang Politik dan Linmas Kabupaten Kapuas Drs Djumrinson M.Pd menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diadakannya kegiatan koordinasi dan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Kapuas untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas agar dalam menjalankan tugas - tugas di lapangan terampil profesional, loyal, berhasil guna dan berdaya guna.
Pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Kapuas di ikuti oleh 50 orang peserta dari Dinas/ Badan/ Instansi/ Lembaga dan BPK.  “Pada pelatihan ini, para pemateri berasal dari Badan Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, TNI/Polri serta dari KesbangPol Linmas,” tukasnya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda