Rabu, 06 April 2011

RENOVASI MASJID AL MUKARRAM TAHAP II SIAP DIMULAI


web_masjid_agungKUALA KAPUAS – Setelah selesai pembangunan tahap pertama, kini pembangunan Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai kembali siap dilakukan. Bahkan rencananya masjid terbesar di Kabupaten Kapuas ini, jika selesai dibangun mampu menampung sekitar 6 ribu jamaah.
Ekspos pembangunan tahap dua dilakukan oleh konsultan perencana CV Citra Multi Consultan Palangka Raya. Kemudian pelaksana/kontraktor yakni PT Wakita Karya Cabang Banjarmasin. Kegiatan mengambil tempat di Masjid Al Mukarram, Selasa (5/4) malam.
Tampak Bupati Kapuas HM Mawardi, Kepala Kemenag Kapuas H Mahli, Ketua FKUB Masyumi Rivai, pengurus masjid H Abdul Munir serta undangan lainnya. Ekspos dilakukan dihadapan ratusan jamaah.
Untuk tahap pertama di tahun 2010 total dana yang sudah dikeluarkan berjumlah Rp9 miliar dengan pekerjaan pendahuluan, pekerjaan tanah, pondasi dan struktur beton. Kemudian untuk tahap II diprediksi akan menelan dana Rp14,85 miliar.
Kegiatan meliputi pekerjaan tanah, pondasi struktur beton, struktur atap dan penutup atap. Kemudian pembuatan interior masjid serta desaian taman dan lingkungan. Selain itu ruang wudhu akan dibuat sedemikian rupa akan memudahkan jamaah mengambil air wudhu.
“Nantinya masjid ini akan dilengkapi dengan sebuah menara dengan ketinggian 40 meter, Bahkan sesuai rencana akan dilengkapi fasilitas lift. Kami memperkirakan total dana yang dibutuhkan hingga pembuatan taman sekitar Rp51 miliar,” kata Pitoyono, Kepala Studio CV Cityra Multi Konsultan.
Bangunan sendiri terdiri II lantai dengan dan halaman sebagai ruang cadangan salat lengkap dengan kolam air dan taman guna melengkapi kenyamanan, keteduhan dan kemudahan salat. Disamping itu lokasi majid yang sangat strategis karena memiliki potensi untuk pengembangan Islamic Center.
Usai mendengarkan ekspos dari konsultan perencana, Bupati Kapuas HM Mawardi berharap agar pengerjaan bangunan masjid sesuai dengan desain yang direncanakan. “Saya tidak ingin realisasi kegiatan tidak sesuai dengan gambar yang dibuat. Apalagi kita berharap bangunan ini selesai tahun 2012,” ungkap Mawardi.
Kemudian Bupati juga meminta kepada konsultan untuk melakukan perhitungan ulang biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan masjid. Selain itu pembuatan desaian menara juga dapat segera diselesaikan.
“Nantinya menara masjid setinggi 40 meter ini dapar dijadikan tempat wisata atau rekreasi bagi warga masyarakat. Sebab kita dapat melihat pemandangan Kota Kuala Kapuas dari atas,” ungkapnya.
Selain itu Bupati juga meminta agar para jamaah memaklumi renovasi masjid sebab kegiatan peribadatan akan sedikit terganggu. Apalagi rencananya mulai tahun ini pembongkaran masjid akan mulai dilakukan sehingga tempat jamaah beribadah menjadi menyempit. (humas)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda